Judul | Aku Anak Berbudi 1 : Buku Kerja Untuk TK A |
Pengarang | Indah, Ivonna [ Et Al ] |
Penerbitan | Yogyakarta : Kanisius, 2002 |
Deskripsi Fisik | 39 hlm. ;28 cm. |
ISBN | 979-21-0546-8 |
Subjek | Pendidikan Pra Sekolah |
Abstrak | Aku Anak BerbudiKegiatan-kegiatan dalam buku Aku Anak Berbudi ini ditujukan bagi siswa, namun dalam penggunaannya peran guru, orang tua, atau pendamping tetap dibutuhkan. Kehadiran para guru, orang tua, atau pendamping berfungsi sebagai pengarah atau pembimbing di setiap kegiatan. Penggunaan model bahasa untuk anak-anak dalam uraian tema dimaksudkan untuk memudahkan guru, orang tua, dan pendamping dalam menyampaikan, menerangkan, dan mengembangkan tema. Kegiatan-kegiatan dalam buku ini sangat bervariasi sehingga anak tidak cepat bosan. Selain itu, melalui kegiatan dalam buku ini anak diajak untuk kreatif, aktif, dan gembira dalam belajar bersosialisasi sehingga nilai-nilai relatif lebih mudah tertanam dalam diri anak-anak. Pada setiap kegiatan dicantumkan nilai-nilai yang ingin ditanamkan kepada anak. Pencantuman nilai ini dimaksudkan untuk membantu para guru, orang tua, atau pendamping dalam mengarahkan anak-anak sehingga tercapai tujuan yang diharapkan pada setiap kegiatan. Nilai-nilai yang akan ditanamkan |
Bahasa | Tidak tersedia |
Bentuk Karya | Bukan fiksi atau tidak didefinisikan |
Target Pembaca | Tidak diketahui / tidak ditentukan |
Tag | Ind1 | Ind2 | Isi |
001 | INLIS000000000000798 | ||
005 | 20211124090112 | ||
008 | 211124###########################0###### | ||
020 | # | # | $a 979-21-0546-8 |
035 | # | # | $a 0010-0621000398 |
082 | # | # | $a 372.21 |
084 | # | # | $a 372.21 IND a |
100 | 1 | # | $a Indah, Ivonna [ Et Al ] |
245 | 1 | # | $a Aku Anak Berbudi 1 : $b Buku Kerja Untuk TK A |
260 | # | # | $a Yogyakarta :$b Kanisius,$c 2002 |
300 | # | # | $a 39 hlm. ; $c 28 cm. |
520 | # | # | $a Aku Anak BerbudiKegiatan-kegiatan dalam buku Aku Anak Berbudi ini ditujukan bagi siswa, namun dalam penggunaannya peran guru, orang tua, atau pendamping tetap dibutuhkan. Kehadiran para guru, orang tua, atau pendamping berfungsi sebagai pengarah atau pembimbing di setiap kegiatan. Penggunaan model bahasa untuk anak-anak dalam uraian tema dimaksudkan untuk memudahkan guru, orang tua, dan pendamping dalam menyampaikan, menerangkan, dan mengembangkan tema. Kegiatan-kegiatan dalam buku ini sangat bervariasi sehingga anak tidak cepat bosan. Selain itu, melalui kegiatan dalam buku ini anak diajak untuk kreatif, aktif, dan gembira dalam belajar bersosialisasi sehingga nilai-nilai relatif lebih mudah tertanam dalam diri anak-anak. Pada setiap kegiatan dicantumkan nilai-nilai yang ingin ditanamkan kepada anak. Pencantuman nilai ini dimaksudkan untuk membantu para guru, orang tua, atau pendamping dalam mengarahkan anak-anak sehingga tercapai tujuan yang diharapkan pada setiap kegiatan. Nilai-nilai yang akan ditanamkan melalui kegiatan-kegiatan dalam buku ini adalah sebagai berikut. 1. Kasih sayang, yaitu sikap dan perilaku yang menunjukkan kepekaan, kepedulian, dan belas kasihan kepada orang lain atau makhluk yang tidak berdaya dan perlu dibantu. Sikap ini diwujudkan dalam bentuk pertolongan.2. Berbagi, tenggang rasa, dan peka, yaitu sikap dan perilaku yang mampu mengekang keinginan-keinginan dan kepentingan diri sendiri dalam keseimbangan dengan memperhatikan kepentingan orang lain.3. Beriman, yaitu sikap dan perilaku yang menunjukkan keyakinan akan adanya Tuhan. Keyakinan ini disertai kepatuhan dan ketaatan dalam menEikuti perintah dan menjauhi segala larangan-Nya.4. Bersyukur, menghargai sesama dan anugerah Tuhan, yaitu sikap dan perilaku yang tahu dan mau berterima kasih kepada Tuhan atas karunia yang telah dilimpahkan-Nya dan kepada sesama atas pemberiannya.5. Mandiri, yaitu sikap dan perilaku yang lebih mengandalkan kesadaran akan kehendak sendiri, kemampuan, dan tanggung jawab diri sendiri.6. Memaafkan, yaitu sikap dan perilaku yang suka memberi maaf atas kesalahan orang lain dan tidak memendam dendam.7. Jujur, yaitu sikap dan perilaku yang tidak suka berbohong dan berbuat curang, berkata-kata apa adanya, dan berani mengakui kesalahan, serta rela berkorban untuk kebenaran.8.Gigih, yaitu sikap dan perilaku mau berjuang, tidak gampang menyerah pada,keadaan, dan tidak mudah putus asa dalam menghadapi tantangan dan kesulitan untuk mencapai cita-cita atau tujuan.9. Bertanggung jawab, yaitu sikap dan perilaku yang berani menanggung segala akibat dari perbuatan atau tindakan yang telah dilakukannya.10. Bersikap adil, yaitu sikap dan perilaku yang tidak berat sebelah dalam mempertimbangkan keputusan, tidak memihak dan menggunakan standar yang sama bagi semua pihak.11. Cermat, yaitu sikap dan perilaku yang menunjukkan ketelitian, kesaksamaan, penuh minat, dan kehati-hatian.12. Tekun, yaitu sikap dan perilaku yang menunjukkan kesungguhan yang penuh daya tahan dan sesuai dengan kemampuan serta tetap bersemangat dalam melakukan sesuatu.13. Menghargai karya orang lain, yaitu sikap dan perilaku yang menunjukkan pengertian bahwa orang harus bekerja untuk memperoleh nafkah sehingga kita harus menghargai upaya orang lain.14. Bergotong royong yaitu sikap dan perilaku yang menunjukkan kemauan bekerja sama demi kepentingan umum (bersama maupun orang lain).15. Nilai kebersamaan, yaitu sikap dan perilaku yang menunjukkan kemauan dan kerelaan untuk terlibat dalam kegiatan yang baik bersama orang lain.16. Cinta lingkungan, yaitu sikap dan perilaku yang menunjukkan kemauan untukmemelihara, melindungi, dan melestarikan alam.17. Kesehatan, yaitu sikap dan perilaku yang menunjukkan kemauan untuk memelihara baik jasmani maupun rohani agar terhindar dari berbagai macam penyakit.18. persamaan derajad, yaitu sikap dan perilaku yang memandang semua manusia baik laki-laki maupun perempuan mempunyai derajad yang sama sebagai makhluk ciptaan Tuhan.Definisi nilai-nilai di atas hanya merupakan definisi singkat. Oleh karena itu, guru,pendamping dan orang tua diharapkan menambah pengetahuan tentang nilai-nilai budi pekerti melalui buku-buku lain, misalnya buku Pendidikan Budi Pekerti di Sekolah, Suatu Tinjauan Umum, Kanisius 2002.Meskipun kegiatan-kegiatan dalam buku ini telah disusun secara bervariasi, namun tidak menutup kemungkinan bagi guru, orang tua, dan pendamping untuk mengembangkan dan mengaplikasikan kegiatan-kegiatan sesuai dengan kondisi setempat. by:of |
650 | # | 4 | $a Pendidikan Pra Sekolah |
990 | # | # | $a 019243 |
990 | # | # | $a 019244 |
990 | # | # | $a 019245 |
990 | # | # | $a 019246 |
990 | # | # | $a 019247 |
Content Unduh katalog
Karya Terkait :