Cite This        Tampung        Export Record
Judul Manajemen Dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah
Pengarang Darmono
Penerbitan Jakarta : Grasindo, 2001
Deskripsi Fisik 240 hlm. ;20,7 cm.
Subjek Perpustakaan Sekolah
Abstrak Manajemen Dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah Perpustakaan Sekolah merupakan bagian penting dari komponen pendidikan yang tidak dapat dipisahkan keberaclaannya dari lingkungan sekolah. Sebagai salah satu sarana pendidikan Perpustakaan Sekolah berfungsi sebagai penunjang kegiatan belajar siswa, membantu siswa dan guru dalam memacu tercapainya tujuan pendidikan di sekolah. Pentingnya Perpustakaan Sekolah dapat dilihat dalam UU No 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa setiap satuan pendidikan jalur pendidikan sekolah yang diselenggarakan oleh Pemerintah maupun masyarakat harus menycdiakan sumber belajar. Pada penjelasan UU No 2 1989 juga dinyatakan bahwa pendidikan tidak mungkin terselenggara dengan baik apabila para tenaga kependidikan maupun para peserta didik tidak didukung oleh sumber belajar yang diperlukan untuk penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar yang bersangkutan. Salah satu sumber belajar yang amat penting, tetapi bukan satu-satunya adalah perpustakaan. Dalam praktiknya
Bahasa Indonesia
Bentuk Karya Bukan fiksi atau tidak didefinisikan
Target Pembaca Umum

 
No Barcode No. Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
032815 027.8 DAR m Dapat dipinjam DISPUSARDA Kota Metro - Ruang Koleksi Umum Tersedia
pesan
Tag Ind1 Ind2 Isi
001 INLIS000000000000665
005 20220307084924
008 220307################g##########0#ind##
035 # # $a 0010-0621000265
082 # # $a 027.8
084 # # $a 027.8 DAR m
100 0 # $a Darmono
245 1 # $a Manajemen Dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah
260 # # $a Jakarta :$b Grasindo,$c 2001
300 # # $a 240 hlm. ; $c 20,7 cm.
520 # # $a Manajemen Dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah Perpustakaan Sekolah merupakan bagian penting dari komponen pendidikan yang tidak dapat dipisahkan keberaclaannya dari lingkungan sekolah. Sebagai salah satu sarana pendidikan Perpustakaan Sekolah berfungsi sebagai penunjang kegiatan belajar siswa, membantu siswa dan guru dalam memacu tercapainya tujuan pendidikan di sekolah. Pentingnya Perpustakaan Sekolah dapat dilihat dalam UU No 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa setiap satuan pendidikan jalur pendidikan sekolah yang diselenggarakan oleh Pemerintah maupun masyarakat harus menycdiakan sumber belajar. Pada penjelasan UU No 2 1989 juga dinyatakan bahwa pendidikan tidak mungkin terselenggara dengan baik apabila para tenaga kependidikan maupun para peserta didik tidak didukung oleh sumber belajar yang diperlukan untuk penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar yang bersangkutan. Salah satu sumber belajar yang amat penting, tetapi bukan satu-satunya adalah perpustakaan. Dalam praktiknya belum semua sekolah dapat menyelenggarakan perpustakaan sekolah dengan baik. Masih banyak kendala yang dihadapi oleh sekolah, salah satunya aclalah kurangnya pengetahuan para pimpinan sekolah, clan pengelola Perpustakaan tentang masalah manajemen perpustakaan. Buku-buku tentang perpustakaan sekolah yang beredar sementara ini kebanyakan membahas hal-hal teknis tentang penyelenggaraan perpustakaan dan bukan manajemen dari perpustakaan itu sendiri. Buku ini disusun dengan maksud untuk mengisi kekosongan clan kelangkaan buku tentang manajernen perpustakaan sekolah tersebut. Secara umum buku ini membahas beberapa aspek manajemen yang dapat diterapkan di lingkungan perpustakaan sekolah yang akan berfungsi sebagai sumber belajar, dan bukan sekedar tempat pengumpulan buku saja. Agar perpustakaan dapat berfungsi sebagai sumber belajar bagi siswa dan guru, maka perpustakaan perlu diselenggarakan dengan menerapkan prinsip-prinsip manajerial dalam pengelolaannya. Secara keseluruhan buku ini membahas tentang perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar, manajemen perpustakaan sekolah, organisasi perpustakaan sekolah, tata aliran kerja perpustakaan sekolah, manajemen pengembangan koleksi, manajemen pelestarian clan perawatan koleksi, pengorganisasian koleksi perpustakaan, manajernen layanan perpustakaan, promosi perpustakaan clan bimbingan minat baca siswa, manajemen perencanaan gedung clan tata ruang perpustakaan, serta manajemen sumber daya pustakawan. Dilihat dari cakupan isinya buku ini cocok bagi pengawas sekolah, penilik sekolah, kepala sekolah, pengelola perpustakaan sekolah, mahasiswa jurusan ilmu perpustakaan, serta masyarakat umum yang berminat terhadap penyelenggaraan perpustakaan. Semoga buku ini bermanfaat bagi siapa saja yang berminat terhadap pengembangan perpustakaan sekolah, pemasyarakatan perpustakaan, dan pengembangan minat baca di kalangan peserta didik dan masyarakat umum. by:of
650 # 4 $a Perpustakaan Sekolah
990 # # $a 032812
990 # # $a 032813
990 # # $a 032814
990 # # $a 032815
990 # # $a 032816
990 # # $a 08686
Content Unduh katalog