Cite This        Tampung        Export Record
Judul Metode Dan Analisa Penelitian : Mencari Hubungan
Pengarang Walizer, Michael H.
Penerbitan Jakarta : Erlangga, 1993
Deskripsi Fisik 283 hlm. ;24 cm.
Subjek Metode Penelitian
Abstrak Metode Dan Analisis Penelitian : Mencari Hubungan prinsip metodologi dan statitika dapatBegitu pula banyak prosedur statistik yang ada telah dikembangkan karena hakekat penelitian yang dilakukan atas subyek manusia, dan apabila tidak dilihat dengan sudut pandangan seperti ini nampaknya kurang begitu bermakna. Kami amati pula bahwa kebiasaan yang lazim memberikan perkuliahan tersebut di tingkat akhir sarjana muda juga merugikan mahasiswa. Hampir di semua jurusan di Perguruan Tinggi materi kebanyakan perkuliahan setelah-bagian-bagian pengantar amat banyak menekankan pada penelitian yang telah dihasilkan di bidang masing-rmasing. Mahasiswa yang tidak dibekali dengan pemaharnan dasar terhadap prosedur dan analisis penelitian tak akan dapat secara kritis dan tajam menyelesaikan bacaan-bacaan yang dipersyaratkan dalam kuliah-kuliah tersebut. Mereka hanya menggantungkan diri semata-mata pada penafsiran sang dosen terhadap penelitian-penelitian tersebut sehingga jadinya dosen tersebut bertindak sebagai "agen penyalur
Bahasa Indonesia
Bentuk Karya Bukan fiksi atau tidak didefinisikan
Target Pembaca Tidak diketahui / tidak ditentukan

 
No Barcode No. Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
015655 001.4 WAL m Dapat dipinjam DISPUSARDA Kota Metro - Ruang Koleksi Umum Tersedia
pesan
015654 001.4 WAL m Dapat dipinjam DISPUSARDA Kota Metro - Ruang Koleksi Umum Tersedia
pesan
Tag Ind1 Ind2 Isi
001 INLIS000000000000589
005 20211223105854
008 211223###########################0#ind##
035 # # $a 0010-0621000189
082 # # $a 001.4
084 # # $a 001.4 WAL m
100 1 # $a Walizer, Michael H.
245 1 # $a Metode Dan Analisa Penelitian : $b Mencari Hubungan
260 # # $a Jakarta :$b Erlangga,$c 1993
300 # # $a 283 hlm. ; $c 24 cm.
520 # # $a Metode Dan Analisis Penelitian : Mencari Hubungan prinsip metodologi dan statitika dapatBegitu pula banyak prosedur statistik yang ada telah dikembangkan karena hakekat penelitian yang dilakukan atas subyek manusia, dan apabila tidak dilihat dengan sudut pandangan seperti ini nampaknya kurang begitu bermakna. Kami amati pula bahwa kebiasaan yang lazim memberikan perkuliahan tersebut di tingkat akhir sarjana muda juga merugikan mahasiswa. Hampir di semua jurusan di Perguruan Tinggi materi kebanyakan perkuliahan setelah-bagian-bagian pengantar amat banyak menekankan pada penelitian yang telah dihasilkan di bidang masing-rmasing. Mahasiswa yang tidak dibekali dengan pemaharnan dasar terhadap prosedur dan analisis penelitian tak akan dapat secara kritis dan tajam menyelesaikan bacaan-bacaan yang dipersyaratkan dalam kuliah-kuliah tersebut. Mereka hanya menggantungkan diri semata-mata pada penafsiran sang dosen terhadap penelitian-penelitian tersebut sehingga jadinya dosen tersebut bertindak sebagai "agen penyalur " pengetahuan. Secara historis, buku-buku dalam kuliah-kuliah yang terpisah tidak mengintegrasikan metodologi penelitian ilmiah dan teknik-teknik analisisnya. Di samping itu buku-buku tersebut telah ditulis dalam istilah-istilah yang agak formal, dengan contoh-contoh. Teknis yang tidak berkaitan dengan pengalaman dan kemampuan para mahasiswa sendiri. Bahasa yang digunakan cenderung membuat mereka jera atau bahkan menakutkan mereka. Dengan berbekal keyakinan ini kami mencoba menulis sebuah buku yang tidak hanya mengintegrasikan pertimbangan-pertimbangan metodologis dengan proses-proses statistik, tapi yang ditulis sedemikian rupa sehingga para mahasiswa yang baru memasuki tingkat sarjana muda dapat menyadari bagaimana unsur-unsur penelitian ilmiah itu bisa cocok satu sama lain membentuk satu kesatuan. Buku ini ditulis seolah-olah dua orang teman sedang berdiskusi tentang pemikiran kelompok, adat kebiasaan, dan teknalogi penelitian di atitara mereka lebih mampu dibanding yang lain. Kosa kata dan struktur kalimatnya sengaja dibuat seaderhana, Ini dimaksudkan tidak saja agar cocok untuk mahasiswa tingkat sarjana muda yang masih baru, tetapi banyak dipahami secara lebih baik kalau disajikan dalam bahasa yang sederhana. Dalam bidang penelitian, kebanyakan buku teksnya berisi materi dasar yang sama. Beberapa buku sengaja ditulis bagi mahasiswa tingkat lanjutan dan atau dosen-dosen mata kuliah tersebut, sementara yang lain disusun dengan cara yang sederhana dan ringkas sehingga hanya memungkinkan pemahaman awal yang kurang mendalam. Dalam buku ini kami mencoba menulis dalam gaya tulisan yang menarik semua mahasiswa. Kami coba pula untuk memasukkan deskripsi kegiatan penelitian yang sebenarnya secara cukup detil dan dalam serta pertimbangan-pertimbangan untuk menarik semua mahasiswa dari tingkat kemampuan yang paling lemah hingga yang paling kuat. Materinya disusun demikian rupa sehingga satu bab menyambung ke bab berikutnya. Setiap bab diawali dengan sebuah daftar istilah beserta artinya yang mungkin masih asing bagi para mahasiswa. Di samping itu disajikan pula tujuan khusus setiap bab untuk membimbing para mahasiswa membacanya dan sebagai dasar penilaian. Di akhir setiap bab diberikan ringkasan yang mereviu. gagasan-gagasan pokok dari bab yang bersangkutan clan menempatkan berbagai topik secara semestinya. Setiap bab juga diikuti dengan seperangkat latihan clan masalah yang tidak saja meliput bahan dari bab yang bersangkutan tetapi juga memberi kesempatan pada para mahasiswa untuk mengintegrasikan bahan dari berbagai bab. Latihan tersebut juga dirancang untuk memacu kreativitas dan imajinasi para mahasiswa dengan sedikit keluar dari bahan yang jelas ada di bab tersebut. Di samping itu ada tugas "proyek " yang perlu dikerjakan di akhir setiap bab. Mahasiswa dan dosen yang ingin melengkapi pengalaman belajar dapat memanfaatkan tugas-tugas ini untuk melaksanakan studi dalam skala kecil. Tugas-tugas proyek dikoordinasikan dengan isi setiap bab. Bentuk awal buku ini telah dicoba dengan seksama di kelas. Atas dasar komentar para mahasiswa, banyak perbaikan dan penyempurnaan yang mungkin hanya dapat diperoleh lewat pengalaman yang dilakukan di kelas. Perbaikan-perbaikan ini meliputi masalah-masalah, latihan dan bagian pokok buku ini. Walaupun bahasa yang digunakan bersifat tidak formal tetapi tidak mengorbankan ketelitian dan kesempurnaannya. Mahasiswa yang menguasai materi buku ini tidak hanya akan memiliki persiapan yang memadai untuk mengambil program sarjana tetapi lebih penting lagi mereka akan menjadi warga negara dan konsumen yang tanggap. Lambat laun orang akan banyak disodori hasil-hasil penelitian dan analisis statistik. Surat kabar, majalah dan bahkan televisi menyajikan hasil-hasil penelitian ke masyarakat yang mungkin sudah atau belum terlatih dalam ketrampilan menafsirkan informasi tersebut secara bijak. Karena masyarakat semakin banyak diarahkan hasil-hasil penelitian, konsumen informasi haruslah scmakin paham akan proscdur yang digunakan untuk mengadakan penelitian semacam itu dan teknik-teknik yang digunakan untuk menyajikan penemuan-penemuannya. Dengan menjadi konsumen yang tanggap akan informasi yang dihasilkan secara ilmiah memungkinkan kita untuk ikut ambil bagian secara aktif dalam menentukan masa depan kita dan tidak hanya mengandalkan para ahli saja untuk membuatkan semua keputusan dalam hidup kita. by:of
650 # 4 $a Metode Penelitian
990 # # $a 015654
990 # # $a 015655
Content Unduh katalog