Judul | Kurikulum 2004 SMA Matematika |
Pengarang | Departemen Pendidikan Nasional |
Penerbitan | Jakarta : Departemen, 2003 |
Deskripsi Fisik | 165 hlm. ;20 cm. |
Subjek | Sekolah Menengah Atas Matematika |
Abstrak | KURIKULUM 2004 SMA PEDOMAN KHUSUS PENGEMBANGAN SILABUS DAN PENILAIAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA Sesuai dengan amanat Garis Besar Haluan Negara (GBHN) 1999-2004, Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) menetapkan kebijakan untuk menyerpurnakan Kurikulum 1994 menjadi kurikulum 2004, yang diberlakukan mulai awal tahun pelajaran 2OO4/2OO5,mengingat Undang-undang (UU) Nomor 2 Tahun 1999 dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 25 Tahun 2000 tentang Otonomi Daerah, telah mengatur pembagian kewenangan antara pemerintah, pemerintah Provinsi, dan pemerintah Kabupaten/Kota, maka Depdiknasmelalul pusat Kurikulum Badan penelitian dan pengembangan (Puskur-Balitbang), hanya menyediakan tiga dokumen utama Kurlkulum 2OO4 yang terdiri dari: Kerangka Dasar (I.a), Kompetensi lintas Kurikulum dan Kompetensi Bahan Kajian (I.b), dan Standar Kompetenslpelajaran ( I.c) ying mencakup Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator dan Materi Pokok untuk setiap mata pelaJaran. Dokumen dimaksud tidak dilengkapi dengan garis besar program |
Bahasa | Indonesia |
Bentuk Karya | Bukan fiksi atau tidak didefinisikan |
Target Pembaca | Tidak diketahui / tidak ditentukan |
No Barcode | No. Panggil | Akses | Lokasi | Ketersediaan |
---|---|---|---|---|
004981 | 375.510 DEP k | Dapat dipinjam | PUSLING Kota Metro - Perpustakaan Keliling | Tidak Tersedia |
Tag | Ind1 | Ind2 | Isi |
001 | INLIS000000000005435 | ||
005 | 20220105020352 | ||
008 | 220105###########################0#ind## | ||
035 | # | # | $a 0010-0721000694 |
082 | # | # | $a 375510 |
084 | # | # | $a 375.510 DEP k |
110 | # | # | $a Departemen Pendidikan Nasional |
245 | 1 | # | $a Kurikulum 2004 SMA Matematika |
260 | # | # | $a Jakarta :$b Departemen,$c 2003 |
300 | # | # | $a 165 hlm. ; $c 20 cm. |
520 | # | # | $a KURIKULUM 2004 SMA PEDOMAN KHUSUS PENGEMBANGAN SILABUS DAN PENILAIAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA Sesuai dengan amanat Garis Besar Haluan Negara (GBHN) 1999-2004, Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) menetapkan kebijakan untuk menyerpurnakan Kurikulum 1994 menjadi kurikulum 2004, yang diberlakukan mulai awal tahun pelajaran 2OO4/2OO5,mengingat Undang-undang (UU) Nomor 2 Tahun 1999 dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 25 Tahun 2000 tentang Otonomi Daerah, telah mengatur pembagian kewenangan antara pemerintah, pemerintah Provinsi, dan pemerintah Kabupaten/Kota, maka Depdiknasmelalul pusat Kurikulum Badan penelitian dan pengembangan (Puskur-Balitbang), hanya menyediakan tiga dokumen utama Kurlkulum 2OO4 yang terdiri dari: Kerangka Dasar (I.a), Kompetensi lintas Kurikulum dan Kompetensi Bahan Kajian (I.b), dan Standar Kompetenslpelajaran ( I.c) ying mencakup Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator dan Materi Pokok untuk setiap mata pelaJaran. Dokumen dimaksud tidak dilengkapi dengan garis besar program pengajaran (GBPP). selanjutnya GBPP atau silabus harus dlkembangkan oleh sekolah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten/Kota. Hasil survel menunJukkan bahwa mayoritas guru dan sekolah belum siap mengembangkan silabus dan penilaian secara mandiri, sesuai dengan tuntutan kurikulum 2004 yang dikembangkan berbasis kompetensi. Berdasarkan kondisi tersebut, Direktorat Pendidikan Menengah Umum (Dikmenum) menyiapkan sejumlah pedoman dengan tuJuan memberi arah secara teknis bagi guru dan sekolah dalam mengembangkan Silabus dan penilaian. Pedoman dimaksud terdiri dari : Pedoman Umum Pengembangan Silabus, Pedoman Umum pengembangan Penilaian, serta Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian untuk setiap mata pelajaran.Buku pedoman khusus Pengembangan Silabus dan Penilalan lni disusun berdasarkan dokumen Kurikulum 2004 (buku I.a, I.b, I.c), pedoman Umum pengembangan Silibus dan Pedoman Umum Pengembangan Penilain, dengan memperhatikan kaidah akademlk, danmelalui proses validasi yang dilakukan oleh para konsultan dan asisten konsultan/guru.pedoman lnl memberi panduan teknis kepada guru mata pelajaran tentang teknik mengembangkan silabus dan penilaian secara benar. pedoman khusus lni Juga dilengkapi dengan contoh silabus dan cara penllaian, Selanjutnya berdasarkan contoh dlmaksud, para guru sangat dlsarankan agar mengembangkan silabus dan penilaian secara mandiri sesuai dengan kondisil siswa, sekolah dan lingkungan setempat. |
650 | # | 4 | $a Matematika |
650 | # | 4 | $a Sekolah Menengah Atas |
990 | # | # | $a 004981 |
990 | # | # | $a 004981 |
Content Unduh katalog
Karya Terkait :