520
|
#
|
#
|
$a Pedoman Pengembangn Progrm Pendidikan Teknologi Dasar (PTD) DI SLTP Dalam kehidupan manusia saat ini kebutuhan akan keberadaan teknologi tidak dapat dikesampingkan dan dipandang sebelah mata. Teknologi sudah merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan manusia. Walaupun kebutuhan manusia akan teknologi tidak sama kadarnya, tetapi dalam tahun-tahun mendatang intensitas keterlibatan manusia akan teknologi al,an semakin meningkat.Dalam era globalisasi, persaingan perdagangan dan tenaga kerja tidak mengenal batas antar negara, maka salah satu kekuatan yang dapat diandalkan agar bangsa Indonesia dapat berperan aktif adalah penguasaan Iptek yang baik serta memiliki sumber daya manusia yang unggul. Dalam kenyataannya penguasaan teknologi masih parsial, terkotak-kotak, dan belum jelas arahnya. Memang ada sekelompok kecil bangsa Indonesia yang kualitas sumber daya manusia sangat tinggi, tetapi sebagian besar lainnya memiliki kualitas sumber daya manusia yang masih memprihatinkan.Kondisi tersebut perlu diupayakan pemecahannya melalui upaya sistematis, terstruktur, dan terukur. Salah satu yang paling baik adalah melalui pendidikan formal. Solusi yang ditawarkan adalah penyelenggaraan Pendidikan Berbasis Was (Broad Based Education) dengan dukungan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS). Dalam tatanan sekolah atau kelas hal tersebut dipahami sebagai penyelenggaraan pendidikan yang berbasis kecakapan hidup. Aktivitas kegiatan belajar mengajar bukan hanya sekedar untuk mencapai tujuan pembelajaran semata, tetapi sebagai sarana bagi peserta didik untuk mengembangkan seluruh potensinya termasuk mengembangkan secara komprehensif seluruh komponen kecakapan hidup yang kelak dikemudian hari berguna dalam menjalani kehidupannya di dalam masyarakat.Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama (PLP) telah menetapkan bahwa program Pendidikan Teknologi Dasar (PTD) merupakan bagian dari penyelenggaraan pendidikan berbasis luas. Program Pendidikan Teknologi Dasar sepenuhnya mengacu pada teknologi, dengan maksud agar siswa mempunyai kesempatan untuk terlibat langsung dengan dunia teknologi. Dengan cara mendiskusikan isu-isu tentang hubungan teknologi dengan masyarakat, belajar memahami dan menangani berbagai produk teknologisederhana yang berfungsi melalui kegiatan perancangan dan pembuatan pendidikan Teknologi Dasar tidak hanya bertujuan untuk mengembangkanketerampilan semata (vocational training), tetapi lebih diutamakan untuk mengembangkan keterampilan berpikir teknologi, sehingga orientasi PTD lebihpada "melek teknologi Buku Pedoman Pendidikan Teknologi Dasar ini sebagai acuan dan pedoman bagi SLTP Pendidikan Teknologi Dasar dan unsur-unsur yang terkait dalam melakukan program pendidikan berbasis luas yang berorientasi pada kecakapan hiduP. Mudah-mudahan buku pedoman penyelenggaraan Program Pendidikan Teknologi Dasar (PTD) dapat bermanfaat bagi sekolah penyelenggara program pendidikan Teknologi Dasar atau siapapun yang tertarik menyelenggarakan program ini. Kami menyadari bahwa buku pedoman ini masih jauh dari sempurna, untuk itu kritik dan saran dalam rangka perbaikan danpenyempurnaan buku ini sangat kami harapkan.yl
|