Cite This        Tampung        Export Record
Judul Menuju Paradigma Baru Penelitian Komunikasi
Pengarang Agustrijanto
Penerbitan Bandung : Remaja Rosdakarya, 2002
Deskripsi Fisik 262 hlm. ;18 cm.
ISBN 979-692-048-4
Subjek Jurnal Komunikasi
Abstrak MENUJU PARADIGMA BARU, PENELITIAN KOMUNIKASI Kalau sekarang banyak orang berbicara tentang kematian ilmu ekonomi , karena kegagalan ilmu-ilmu ini memberikan penjelasan yang memuaskan terhadap pelbagai peristiwa ekonomi dan politik mutakhir yang demikian kompleks. Tidakkah kita juga tengah menyaksikan semacam sinyal matinya ilmu komunikasi ? Sebagai bagian dari ilmu sosial yang tergolong muda, ilmu komunikasi merupakan bagian dari konstruksi politik ilmu pengetahuan yang menjadi bagian politik kekuasaan Orde Baru, selama tiga dasa warsa telah mengasuh para ilmuwan sosial dalam bingkai paradigma developmentalisme. Dalam situasi sekarang, penelitian ilmiah di bidang komunikasi sulit berkembang di Indonesia. Hasil penelitian komunikasi dianggap belum laku dijual (marketable). Di samping itu, hasil penelitian kurang mampu memberikan manfaat dalam pemahaman apalagi eksplanasi dan prediksi masalah-masalah komunikasi yang mendasar: Hasil penelitian hanya tersimpan dalam arsip dan tidak mendorong pemikiran lebih lanju
Bahasa Indonesia
Bentuk Karya Bukan fiksi atau tidak didefinisikan
Target Pembaca Tidak diketahui / tidak ditentukan

 
No Barcode No. Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
012086 051.3 AGU m Baca di tempat DISPUSARDA Kota Metro - Ruang Koleksi Referensi Tersedia
012087 051.3 AGU m Baca di tempat DISPUSARDA Kota Metro - Ruang Koleksi Referensi Tersedia
012088 051.3 AGU m Baca di tempat DISPUSARDA Kota Metro - Ruang Koleksi Referensi Tersedia
012090 051.3 AGU m Baca di tempat DISPUSARDA Kota Metro - Ruang Koleksi Referensi Tersedia
Tag Ind1 Ind2 Isi
001 INLIS000000000000328
005 20211111120130
008 211111###########################0#ind##
020 # # $a 979-692-048-4
035 # # $a 0010-0521000328
082 # # $a 051.3
084 # # $a 051.3 AGU m
100 0 # $a Agustrijanto
245 1 # $a Menuju Paradigma Baru Penelitian Komunikasi
260 # # $a Bandung :$b Remaja Rosdakarya,$c 2002
300 # # $a 262 hlm. ; $c 18 cm.
520 # # $a MENUJU PARADIGMA BARU, PENELITIAN KOMUNIKASI Kalau sekarang banyak orang berbicara tentang kematian ilmu ekonomi , karena kegagalan ilmu-ilmu ini memberikan penjelasan yang memuaskan terhadap pelbagai peristiwa ekonomi dan politik mutakhir yang demikian kompleks. Tidakkah kita juga tengah menyaksikan semacam sinyal matinya ilmu komunikasi ? Sebagai bagian dari ilmu sosial yang tergolong muda, ilmu komunikasi merupakan bagian dari konstruksi politik ilmu pengetahuan yang menjadi bagian politik kekuasaan Orde Baru, selama tiga dasa warsa telah mengasuh para ilmuwan sosial dalam bingkai paradigma developmentalisme. Dalam situasi sekarang, penelitian ilmiah di bidang komunikasi sulit berkembang di Indonesia. Hasil penelitian komunikasi dianggap belum laku dijual (marketable). Di samping itu, hasil penelitian kurang mampu memberikan manfaat dalam pemahaman apalagi eksplanasi dan prediksi masalah-masalah komunikasi yang mendasar: Hasil penelitian hanya tersimpan dalam arsip dan tidak mendorong pemikiran lebih lanjut, tidak tersaji dalam jurnal sebagai bahan wacana di kalangan para ahli, praktisi, maupun para peminai. Mengapa hal ini terjadi ? Apa masalah yang sebenarnya dalam pengembangan penelitian ilmu komunikasi di Indonesia? Apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalahnya? Dalam edisi kali ini disuguhkan tinjauan sederhana tentang permasalahan penelitian komunikasi dengan harapan dapat membuka wawasan ke pengembangan di masa depan.(libra)
650 # 4 $a Jurnal Komunikasi
990 # # $a 012086
990 # # $a 012087
990 # # $a 012088
990 # # $a 012089
990 # # $a 012090
Content Unduh katalog