Cite This        Tampung        Export Record
Judul Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan : Panduan Kuliah Di Perguruan Tinggi
Pengarang Winarno
EDISI 2
Penerbitan Jakarta : Bumi Aksara, 2007
Deskripsi Fisik 221 hlm. ;23 cm.
ISBN 979-010-178-3
Subjek Kewarganegaraan
Pendidikan
Abstrak PARADIGMA BARU, PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN, PANDUAN KULIAH DI PERGURUAN TINGGI Bahan-bahan kajian dalam buku ini disusun berdasarkan Surat Keputusan Diten Dikti No. 43lDikt/2006 tentang Rambu-Rambu pelaksanaan Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi khususnya untuk bahan kajian Pendidikan Kewarganegaraan. Adapun yang menjadi bahan kajian untuk mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraim menurut Surat Keputusan tersebut meliputi:1. Filsafat Pancasila2. Identitas Nasional3. Hak dan Kewajiban Warga Negara4. Negara dan Konstitusi5. Demokrasi Indonesia6. Hak Asasi Manusia dan Rule of Law7 . Geopolitik Indonesia8. GeostrategilndonesiaMateri Pendidikan Kewarganegaraan edisi 2006 ini menunjukkan adanya perubahan yaitu dimasukkannya materi Filsafat Pancasila sebagai bagian dari Pendidikan Kewarganegaraan. Hal ini terkait dengan tidak wajibnya lagi Pendidikan Pancasila di dalam kurikulum pendidikan menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Perubahan ini sejalan dengan pemikiran akademis bahwa yang namanya Pe
Bahasa Indonesia
Bentuk Karya Bukan fiksi atau tidak didefinisikan
Target Pembaca Tidak diketahui / tidak ditentukan

 
No Barcode No. Panggil Akses Lokasi Ketersediaan
030782 323 WIN p Dapat dipinjam DISPUSARDA Kota Metro - Ruang Koleksi Umum Tersedia
pesan
030783 323 WIN p Dapat dipinjam DISPUSARDA Kota Metro - Ruang Koleksi Umum Tersedia
pesan
Tag Ind1 Ind2 Isi
001 INLIS000000000003335
005 20220525025040
008 220525###########################0#ind##
020 # # $a 979-010-178-3
035 # # $a 0010-0621002935
082 # # $a 323
084 # # $a 323 WIN p
100 0 # $a Winarno
245 1 # $a Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan : $b Panduan Kuliah Di Perguruan Tinggi
250 # # $a 2
260 # # $a Jakarta :$b Bumi Aksara,$c 2007
300 # # $a 221 hlm. ; $c 23 cm.
520 # # $a PARADIGMA BARU, PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN, PANDUAN KULIAH DI PERGURUAN TINGGI Bahan-bahan kajian dalam buku ini disusun berdasarkan Surat Keputusan Diten Dikti No. 43lDikt/2006 tentang Rambu-Rambu pelaksanaan Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi khususnya untuk bahan kajian Pendidikan Kewarganegaraan. Adapun yang menjadi bahan kajian untuk mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraim menurut Surat Keputusan tersebut meliputi:1. Filsafat Pancasila2. Identitas Nasional3. Hak dan Kewajiban Warga Negara4. Negara dan Konstitusi5. Demokrasi Indonesia6. Hak Asasi Manusia dan Rule of Law7 . Geopolitik Indonesia8. GeostrategilndonesiaMateri Pendidikan Kewarganegaraan edisi 2006 ini menunjukkan adanya perubahan yaitu dimasukkannya materi Filsafat Pancasila sebagai bagian dari Pendidikan Kewarganegaraan. Hal ini terkait dengan tidak wajibnya lagi Pendidikan Pancasila di dalam kurikulum pendidikan menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Perubahan ini sejalan dengan pemikiran akademis bahwa yang namanya Pendidikan Kewarganegaraan harus mengandung nilai-nilai dasar sebagai prasyarat kehidupan bersama yang dicita-citakan (great ought). Pendidikan Kewarganegaraan juga harus menganut pendekatan berbasis nilai (value based approach). Adapun kompetensi dasaryang hendak dicapai melalui matakuliah ini adalah agar mahasiswa menjadi ilmuwan dan profesional yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air, demokratis berkeadaban, menjadi warga negara yang memiliki daya saing, berdisplin, dan berpartisipasi aktif dalam hubungan kehidupan yang damai berdasarkan sistem nilai pancasila. Melihat isi materi pada bahan kajian tersebut, tersirat bahwa pendidikan Kewarganegaraan di perguruan tinggi mengemban misi sebagai pendidikan nilai kepribadian, pendidikan yang membekali pemahaman tentang hubung an antara warga negara dengan negara (civics education), pendidikan politik Qtotitical education) atau demokrasi, dan pendidikan bela negara. Sajian dalam buku ini berupaya mengembangkan pendidikan kewarganegarium dalam paradigma baru. Artinya, pendidikan kewarganegaraan diarahkan sejauh mungkin agar peserta didik (mahasiswa) menjadi warga negara yang demokratis dengan fokus utamanya pada materi demokrasi, hak asasi manusia dan konsep hubungan antara warga negara dengan negara. Paradigma baru bahwa penyelidikan Kewarganegaraan sebagai pendidikan politik demokrasi, sejalan sampai sekarang ini. Adapun materi-materi yang berkenaan dengan pendidikan bela negara seperti Geopolitik Indonesia atau Wawasan Nusantara dan Geostrategi Indonesia atau Ketahanan Nasional diupayakan dalam sajian yang ilmiah dan logis, jauh dari kesan doktriner dan militeristik yang selama ini melekat pada mata kuliah Kewiraan. Untuk lebih runtut dalam penyajiannya, penulis secara sengaja mengatur materi dalam buku ini dalam urutan sebagai berikut.1. Bab 1 Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara2. Bab 2ldentitas Nasional3. Bab 3 Hak dan Kewajiban Warga Negara4. Bab 4 Negara dan Konstitusi5. Bab 5 Demokrasi dan Pendidikan Demokrasi6. Bab 6 Negara Hukum dan Hak Asasi Manusia7 . Bab 7 Wawasan Nusantara sebagai Geopolitik Indonesia8. Bab 8 Ketahanan Nasional sebagai Geostrategi Indonesia. (libra)
650 # 4 $a Kewarganegaraan
650 # 4 $a Pendidikan
990 # # $a 030780
990 # # $a 030780
990 # # $a 030781
990 # # $a 030781
990 # # $a 030782
990 # # $a 030782
990 # # $a 030783
990 # # $a 030783
990 # # $a 030784
990 # # $a 030784
Content Unduh katalog