Judul | Pengantar Supervisi Pendidikan |
Pengarang | Rachmat Satria (Pengarang) |
EDISI | Cetakan 1 |
Penerbitan | Yogyakarta : Deepublish, 2020 |
Deskripsi Fisik | xiv+158 halaman :Ilustrasi [Grafis] ;20 cm |
Konten | Teks |
Media | Tanpa Perantara |
Penyimpan Media | Lembar |
ISBN | 978-623-02-0802-7 |
Subjek | Manajemen dan Organisasi Sekolah |
Abstrak | Mutu pendidikan menjadi tujuan landasan pembangunan pendidikan secara global. Aktivitas supervisi sebagai tindakan pembinaan dan perbaikan situasi pembelajaran agar lebih kreatif dan inovatif sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman. Pengawasan secara berkesinambungan dan kontinu menjadi penghubung komunikasi aktif antara kepala sekolah sebagai seorang pemimpin kepada guru-gurunya di sekolah. Bahasan dalam buku ini berisi tentang: 1. Pengantar Supervisi Pendidikan: Konsep dasar dalam keilmuan supervisi pendidikan dan peranannya. 2. Prosedur Supervisi Pendidikan: Kepemimpinan, kepala sekolah visioner, supervisi modern dan perubahan pendidikan, dan perbaikan dalam metode pembelajaran. 3. Supervisi dan Tantangannya: Bentuk-bentuk tantangan dan proses supervisi pendidikan, supervisi sebagai evaluator dan konselor serta sikap dan moral pengawasan. 4. Pendekatan dalam Supervisi Pendidikan: Pendekatan ilmiah, pendekatan artistik, dan pendekatan klinik. 5. Orientasi dalam Supervisi Pendidikan: Orientasi |
Catatan | - Konsep Dasar Supervisi Pendidikan - Prosedur Supervisi Pendidikan - Supervisi Pendidikan dan Tantangannya - Pendekatan Supervisi Pendidikan - Orientasi Dalam Supervisi Pendidikan - Komunikasi dalam Supervisi Pendidikan - Teknik-teknik dalam supervisi pendidikan - Teknologi dalam supervisi pendidikan - Kendala-kendala dalam supervisi pendidikan - Dampak supervisi pendidikan terhadap kinerja guru 153 halaman |
Bahasa | Indonesia |
Bentuk Karya | Bukan fiksi atau tidak didefinisikan |
Target Pembaca | Umum |
No Barcode | No. Panggil | Akses | Lokasi | Ketersediaan |
---|---|---|---|---|
074600 | 371.2 RAC p | Dapat dipinjam | DISPUSARDA Kota Metro - Ruang Koleksi Umum | Tersedia
pesan |
074601 | 371.2 RAC p | Dapat dipinjam | DISPUSARDA Kota Metro - Ruang Koleksi Umum | Tersedia
pesan |
074602 | 371.2 RAC p | Dapat dipinjam | PUSLING Kota Metro - Perpustakaan Keliling | Tersedia
pesan |
Tag | Ind1 | Ind2 | Isi |
001 | INLIS000000000021050 | ||
005 | 20230522033322 | ||
007 | ta | ||
008 | 230522################g##########0#ind## | ||
020 | # | # | $a 978-623-02-0802-7 |
035 | # | # | $a 0010-0523000389 |
082 | # | # | $a 371.2 |
084 | # | # | $a 371.2 RAC p |
100 | 0 | # | $a Rachmat Satria$e Pengarang |
245 | 1 | # | $a Pengantar Supervisi Pendidikan |
250 | # | # | $a Cetakan 1 |
264 | # | # | $a Yogyakarta :$b Deepublish,$c 2020 |
300 | # | # | $a xiv+158 halaman : $b Ilustrasi [Grafis] ; $c 20 cm |
336 | # | # | $a Teks$2 rdacontent |
337 | # | # | $a Tanpa Perantara$2 rdamedia |
338 | # | # | $a Lembar$2 rdacarrier |
504 | # | # | $a 153 halaman |
505 | # | # | $a - Konsep Dasar Supervisi Pendidikan - Prosedur Supervisi Pendidikan - Supervisi Pendidikan dan Tantangannya - Pendekatan Supervisi Pendidikan - Orientasi Dalam Supervisi Pendidikan - Komunikasi dalam Supervisi Pendidikan - Teknik-teknik dalam supervisi pendidikan - Teknologi dalam supervisi pendidikan - Kendala-kendala dalam supervisi pendidikan - Dampak supervisi pendidikan terhadap kinerja guru |
520 | # | # | $a Mutu pendidikan menjadi tujuan landasan pembangunan pendidikan secara global. Aktivitas supervisi sebagai tindakan pembinaan dan perbaikan situasi pembelajaran agar lebih kreatif dan inovatif sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman. Pengawasan secara berkesinambungan dan kontinu menjadi penghubung komunikasi aktif antara kepala sekolah sebagai seorang pemimpin kepada guru-gurunya di sekolah. Bahasan dalam buku ini berisi tentang: 1. Pengantar Supervisi Pendidikan: Konsep dasar dalam keilmuan supervisi pendidikan dan peranannya. 2. Prosedur Supervisi Pendidikan: Kepemimpinan, kepala sekolah visioner, supervisi modern dan perubahan pendidikan, dan perbaikan dalam metode pembelajaran. 3. Supervisi dan Tantangannya: Bentuk-bentuk tantangan dan proses supervisi pendidikan, supervisi sebagai evaluator dan konselor serta sikap dan moral pengawasan. 4. Pendekatan dalam Supervisi Pendidikan: Pendekatan ilmiah, pendekatan artistik, dan pendekatan klinik. 5. Orientasi dalam Supervisi Pendidikan: Orientasi directive, orientasi non-directive, dan orientasi collaborative. 6. Komunikasi dalam Supervisi Pendidikan: Urgensi komunikasi dalam mencapai tujuan supervisi, bentuk-bentuk dan rintangan dalam komunikasi. 7. Teknik-Teknik dalam Supervisi Pendidikan: Teknik supervisi individual dan teknik supervisi kelompok. 8. Teknologi dalam Supervisi Pendidikan: Aplikasi teknologi di lingkungan sekolah, keterampilan supervisor dalam mengintegrasikan teknologi, dan program teknologi sebagai media pembelajaran. 9. Kendala-Kendala dalam Supervisi Pendidikan: Beberapa kendala pelaksanaan supervisi di sekolah, permasalahan guru dan aplikasi supervisi, dan alternatif pemecahan masalah pelaksanaan supervisi. 10. Dampak Supervisi Terhadap Kinerja Guru: Dampak terhadap rancangan pembelajaran, pengembangan materi ajar, dan strategi pembelajaran. Supervisi pendidikan sebagai elemen penting dalam pendidikan untuk menyiapkan guru berkualitas bagi pencapaian mutlak lahirnya kader-kader bangsa di masa depan. |
650 | # | 4 | $a Manajemen dan Organisasi Sekolah |
990 | # | # | $a 074600 |
990 | # | # | $a 074601 |
990 | # | # | $a 074602 |
Content Unduh katalog
Karya Terkait :