Judul | Permainan Pendukung Pembelajaran Bahasa Dan Sastra |
Pengarang | Suyatno |
Penerbitan | Jakarta : PT. Grasindo, 2002 |
Deskripsi Fisik | 148 hlm. ;24 cm. |
ISBN | 979-759-176-x |
Subjek | Media Pembelajaran |
Abstrak | PERMAINAN PENDUKUNG PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRAAwal mulanya, berbagai permainan dalam buku ini disajikan dalam pelatihan-pelatihan pembelajaran di berbagai tempat. Penulis menyajikan permainan ini hanya sebagai contoh kongkret menerapkan pembelajaran yang berparadigma baru, seperti 1uantum Learning, Accelerated Learning, Conbrtual Learning, Participation Method, dan tuntutan kurikulum. berbasis kompetensi. Contoh-contoh tersebut disukai oleh para anak dan menurut para guru dapat mengubah gaya pembelajaran tradisional yang selama ini mereka terapkan. Selanjutnya, terbitlah buku Permainan Pendukung Pembelaiaran Bahasa dan Sastra ini. Memang, untuk menjawab permasalahan pembelajaran bahasa dan sastra lndonesia saat ini, diperlukan upaya kongkret dalam aplikasi pembelajaran di kelas. Salah satunya adalah dengan metode bermain. Pernahkah Anda menjadi bagian dari sebuah permainan? Kalau pernah, bagaimana? Permainan (gane) biasanya digunakan untuk memperagakan atau menirukan suatu keadaan yang sebenarnya. Keadaan |
Bahasa | Indonesia |
Bentuk Karya | Bukan fiksi atau tidak didefinisikan |
Target Pembaca | Umum |
No Barcode | No. Panggil | Akses | Lokasi | Ketersediaan |
---|---|---|---|---|
035123 | 371.09 SUY p | Dapat dipinjam | DISPUSARDA Kota Metro - Ruang Koleksi Umum | Tersedia
pesan |
035126 | 371.09 SUY p | Dapat dipinjam | PUSLING Kota Metro - Perpustakaan Keliling | Tersedia
pesan |
035127 | 371.09 SUY p | Dapat dipinjam | DISPUSARDA Kota Metro - Ruang Koleksi Umum | Tersedia
pesan |
Tag | Ind1 | Ind2 | Isi |
001 | INLIS000000000001428 | ||
005 | 20220319023745 | ||
008 | 220319################g##########0#ind## | ||
020 | # | # | $a 979-759-176-x |
035 | # | # | $a 0010-0621001028 |
082 | # | # | $a 371.09 |
084 | # | # | $a 371.09 SUY p |
100 | 0 | # | $a Suyatno |
245 | 1 | # | $a Permainan Pendukung Pembelajaran Bahasa Dan Sastra |
260 | # | # | $a Jakarta :$b PT. Grasindo,$c 2002 |
300 | # | # | $a 148 hlm. ; $c 24 cm. |
520 | # | # | $a PERMAINAN PENDUKUNG PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRAAwal mulanya, berbagai permainan dalam buku ini disajikan dalam pelatihan-pelatihan pembelajaran di berbagai tempat. Penulis menyajikan permainan ini hanya sebagai contoh kongkret menerapkan pembelajaran yang berparadigma baru, seperti 1uantum Learning, Accelerated Learning, Conbrtual Learning, Participation Method, dan tuntutan kurikulum. berbasis kompetensi. Contoh-contoh tersebut disukai oleh para anak dan menurut para guru dapat mengubah gaya pembelajaran tradisional yang selama ini mereka terapkan. Selanjutnya, terbitlah buku Permainan Pendukung Pembelaiaran Bahasa dan Sastra ini. Memang, untuk menjawab permasalahan pembelajaran bahasa dan sastra lndonesia saat ini, diperlukan upaya kongkret dalam aplikasi pembelajaran di kelas. Salah satunya adalah dengan metode bermain. Pernahkah Anda menjadi bagian dari sebuah permainan? Kalau pernah, bagaimana? Permainan (gane) biasanya digunakan untuk memperagakan atau menirukan suatu keadaan yang sebenarnya. Keadaan tersebut tidak dapat dihadirkan langsung di dalam ruang atau tempat latihhn. Jenis media ini terutama sangat efektif untuk menjelaskan suatu pengertian niskala (abstrak) atau konsep yang sering sulit diletastn dengan kata-kata.Melalui permainan yang dirancang khusus, para siswa dapat mengalami sendiri secara langsung suatu kejadian. Bukankah permainan belajar jika dimanfaatkan secara bijaksana, dapat:@ menyingkirkan `keseriusan` yang menghambat@ menghilangkan stres dalam lingkungan belajar@ mengajak orang terlibat penuh@ meningkatkan proses belajar@ membangun kreativitas diri@ mencapai tujuan dengan ketidaksadaran@ meraih makna belajar melalui pengalaman@ memfokuskan siswa sebagai subjek belajar.Pendidikan selama ini tidak menempatkan anak sebagai subjek. Padahal, (1) setiap peserta didik adalah unik. Peserta didik mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing. 0!eh karena itu, proses penyeragaman dan penyamarataan akan membunuh keunikan tersebut. Keunikan harus diberi tempat dan dicarikan peluang agar dapat lebih berkembang (2) anak bukan orang dewasa dalam bentuk kecil. Jalan pikir anaktidak selalu sama dengan jalan pikir orang dewasa. 0rang dewasa harus dapat menyelami cara merasa dan berpikir anak-anak. Kenyataan yan g terjad i justru sebaliknya, pendidik memberikan materi pelajaran lewat ceramah seperti yang mereka peroleh dari bangku sekolah yang pernah diikuti (3) dunia anak adalah dunia bermain tetapi materi pelajaran banyak yang tidak disajikan lewat permainan. Hal itu salah satunya disebabkan oleh pemberian materi pelajaran yang jarang diaplikasikan melalui permainan yang mengandung nuansa filsafat pendidikan (4) Usia anak merupakan usia yang paling kreatif dalam hidup manusia. Namun, dunia pendidikan tidak memberikan kesempatan bagi kreativitas. dan semoga buku ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Berdasarkan kondisi di atas, buku ini dirancang dan dikembangkan berdasarkan tuntutan para guru bahasa dan sastra lndonesia yang menginginkan aplikasi kongkret di kelas. Banyak guru yang paham tentang paradigma baru pendidikan dan mengerti tentang kehendak kurikulum 2004 yang berbasis kompetensi namun mereka sulit untuk menerapkan di kelas. Kesulitan itu didasari oleh kebiasaan mereka dalam mengajar yang guru sentris, teatrikal, dan siswa sebagai objek. Permainan untuk pembelajaran bahasa dan sastra yang akan disajikan ini telah melalui ujicoba di kelas baik itu TK, SD, SMB maupun SMA/SMK dalam berbagai kesempatan. Di samping itu, dalam konteks pelatihan guru, penulis telah menyimulasikan secara kongkret teknik tersebut di hadapan para guru. Ternyata, hasilnya cukup positif. Banyak guru yang menyarankan untuk terus dikembangkan dan dijadikan pedoman khusus dalam bentuk buku. Atas dasar itulah, buku ini dipublikasikan ke kalangan yang lebih luas. Tentunya, buku ini masih perlu penyempurnaan di sana-sini. Untuk itu, saran dan kritik senantiasa menjadi harapan penulis. dan semoga buku ini dapat bermanfaat bagi kita semua. |
650 | # | 4 | $a Media Pembelajaran |
990 | # | # | $a 035123 |
990 | # | # | $a 035124 |
990 | # | # | $a 035125 |
990 | # | # | $a 035126 |
990 | # | # | $a 035127 |
Content Unduh katalog
Karya Terkait :