Judul | Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-ilmu Sosial |
Pengarang | Herdiansyah, Haris |
Penerbitan | Jakarta : Salembam Humanika, 2012 |
Deskripsi Fisik | 226 hlm. ;24 cm. |
ISBN | 978-602-8555-25-8 |
Subjek | Metodologi Penelitian |
Abstrak | Seiring dengan perjalanan dalam mempelajari metodologi penelitian kualitatif, terdapat beberapa hal yang menjadi perhatian saya. Pertama, berkaitan dengan cara belajar. Mempelajari dan mengajarkan metodologi penelitian kualitatif memiliki seni tersendiri yang khas karena sebagian bersifat teoretis. Sementara itu, bagian yang lain harus dipelajari melalui pengalaman langsung di lapangan. Seperti mengajarkan seorang anak bagaimana cara untuk berenang yang tidak mungkin hanya melalui teori semata, tetapi juga harus terjun ke dalam kolam renang yang sebenarnya. Kedua, metode penelitian kualitatif bagi banyak orang masih dianggap metode penelitian "kelas dui dibandingkan dengan metode penelitian kuantitatif. Metode kualitatif dipandang kurang ilmiah, sangat subjektif, dan Bering kali temuan-temuan dalam penelitian kualitatif tidal( dapat berlaku umum serta tidak dapat digeneralli Rasi terhadap poplasi. Secara langsung maupun tidak, stigma-stigma miring tersebut membentuk suatu citra tertentu mengenai metode peneli |
Bahasa | Indonesia |
Bentuk Karya | Bukan fiksi atau tidak didefinisikan |
Target Pembaca | Umum |
Tag | Ind1 | Ind2 | Isi |
001 | INLIS000000000012441 | ||
005 | 20220105094243 | ||
008 | 220105################g##########0#ind## | ||
020 | # | # | $a 978-602-8555-25-8 |
035 | # | # | $a 0010-0721007700 |
082 | # | # | $a 001.42 |
084 | # | # | $a 001.42 HER m |
100 | 1 | # | $a Herdiansyah, Haris |
245 | 1 | # | $a Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-ilmu Sosial |
260 | # | # | $a Jakarta :$b Salembam Humanika,$c 2012 |
300 | # | # | $a 226 hlm. ; $c 24 cm. |
520 | # | # | $a Seiring dengan perjalanan dalam mempelajari metodologi penelitian kualitatif, terdapat beberapa hal yang menjadi perhatian saya. Pertama, berkaitan dengan cara belajar. Mempelajari dan mengajarkan metodologi penelitian kualitatif memiliki seni tersendiri yang khas karena sebagian bersifat teoretis. Sementara itu, bagian yang lain harus dipelajari melalui pengalaman langsung di lapangan. Seperti mengajarkan seorang anak bagaimana cara untuk berenang yang tidak mungkin hanya melalui teori semata, tetapi juga harus terjun ke dalam kolam renang yang sebenarnya. Kedua, metode penelitian kualitatif bagi banyak orang masih dianggap metode penelitian "kelas dui dibandingkan dengan metode penelitian kuantitatif. Metode kualitatif dipandang kurang ilmiah, sangat subjektif, dan Bering kali temuan-temuan dalam penelitian kualitatif tidal( dapat berlaku umum serta tidak dapat digeneralli Rasi terhadap poplasi. Secara langsung maupun tidak, stigma-stigma miring tersebut membentuk suatu citra tertentu mengenai metode penelitian kualitatif yang justru semakin mengecilkan penelitian kualitatif. Ketiga, buku-buku ataupun literatur ilmiah yang mengupas dari A-Z metodologi penelitian kualitatif masih sangat terbatas dan masih didominasi oleh buku-buku teks asing yang tidak semua kalangan dapat memahaminya denganxvPra katamudah. Terlebih lagi, buku-buku mengenai teknik analisis data kualitatif masih jarang ditemukan.Berdasarkan ketiga hal tersebutlah, salah satu bentuk "kepedulian " yang saya lakukan adalah dengan memberikan apa yang saya tahu tentang metodologi penelitian kualitatif. Salah satu wujud konkretnya adalah karya ini. Harapan saya adalah dengan karya saya ini, pandangan pembaca mengenai metodologi penelitian kualitatif dapat lebih baik dan pada akhirnya metodologi penelitian kualitatif mendapat tempat yang setara dengan metodologi lainnya. Harapan lainnya adalah karya ini dapat menjadi pedoman yang mempermudah pembaca ataupun peneliti (khususnya peneliti pemula) dalam melakukan penelitian kualitatif dengan tuntunan metodologis yang tepat serta dapat dipertanggungjawabkan keilmiahannya.Barangkali karya ini tidak akan pernah lahir tanpa adanya dukungan dan doa dari banyak pihak, terutama dari keluarga dan kerabat delcat yang sangatfully-support dalam membantu membidani lahirnya karya ini. Tidak ada kata yang tepat untuk mewakili rasa terima kasih saya yang sesungguhnya. Biarlah Tuhan bekerja dengan cara-Nya yang luar biasa untuk membalas segala kebaikan yang telah diberikan kepada saya.Dalam kesempatan ini, saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesarbesarnya kepada Bapak Prof. Drs. Koentjoro, M.B.Sc., Ph.D., yang pertama kali memperkenalkan saya kepada metodologi penelitian kualitatif selcaligus selaku dosen pembimbing tesis saya ketika mencapai gelar master di Universitas Gadjah Mada. Terima kasih, Pak Koen, Bapak adalah inspirasi utama dan raw model bagi saya dalam menulis buku ini.Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada rekan-rekan pengajar di program studi Psikologi Universitas Paramadina (ibu Fatchiah, M.Sc., Ibu Devi Wulandari, M.Sc., ibu Alfikalia, M.Si., Ibu Tia Rahmania, M.Psi., dan Ibu Ayu Dwi Nindyati, M.Si.) yang tidak habis-habisnya mendukung saya selama ini. Terima kasih sebesar-besarnya atas dukungan dan doa yang tidak terhingga dari keluarga tercinta (Mama, Papa, Nony, dan Dona). Tidak lupa terima kasih yang sebesar-besamya kepada ketiga sahabat saya (Juwandi, Syamsu, dan Taufik). Fungsi kalian dalam memberikan kepercayaan diri dan semangat bagi saya dalam menulis akhirnya berbuah hasiLAkhir kata, saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pembaca yang budiman. Semoga karya ini dapat menjadi sarana pembelajaran yang dapat membantu untuk memahami dan memberikan panduan dalam melakukan penelitian kualitatif dalam ilmu-ilmu sosial. Kritik dan saran yang sifatnya membangun, selalu saya nantikan untuk kesempurnaan karya ini dan karya-karya lainnya yang akan datang. Selamat membaca dan memahami. |
650 | # | 4 | $a Metodologi Penelitian |
863 | # | # | $a 3 |
990 | # | # | $a 058706 |
990 | # | # | $a 058706 |
990 | # | # | $a 058707 |
990 | # | # | $a 058707 |
990 | # | # | $a 058708 |
990 | # | # | $a 058708 |
990 | # | # | $a 058709 |
990 | # | # | $a 058709 |
990 | # | # | $a 058710 |
990 | # | # | $a 058710 |
990 | # | # | $a 058711 |
990 | # | # | $a 15138 |
Content Unduh katalog
Karya Terkait :