
Judul | Profil Taman Kanak-kanak Dan Sekolah Dasar Model |
Pengarang | Dirjen Pendidikan Dasar Dan Menengah |
Penerbitan | Jakarta : Dirjen Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2004 |
Deskripsi Fisik | 71 hlm. ;21 cm. |
Subjek | Pendidikan Anak Usia Dini |
Abstrak | PROFIL, TAMAN KANAK-KANAK DAN SEKOLAH DASAR MODEL Dalam rangka mewujudkan suatu sistem pendidikan yang bermutu sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, Departemen pendidikan Nasional menetapkan suatu kebijakan untuk menyelenggarakan suatu sekolah yang dapat dijadikan sebagai quality insurance pelayanan pendidikan. Kebijakan ini diwujudkan dalam bentuk pembangunan sekolah model yang bertaraf internasional. Pada sekolah model perkembangkan pendidikan yang ideal, lengkap dengan perangkat(eras dan lunak untuk mendukung penyelenggaraan sekolah yang rendekati ideal baik yang berkaitan dengan sarana prasarana maupun sumber daya manusia. Pembangunan sekolah model dilaksanakan bersama-sama antara Pemerintah, Provinsi, dan Kabupaten/kota serta masyarakat, karena pembangunan ini antara lain dimaksudkan untuk melembagakan pendidikan yang berbasis pada masyarakat dengan memperhatikan prinsip pendidikan anak seutuhnya yang meriputi logika, etika, estetika, dan kinestika. Dengan demikian |
Bahasa | Indonesia |
Bentuk Karya | Bukan fiksi atau tidak didefinisikan |
Target Pembaca | Tidak diketahui / tidak ditentukan |
No Barcode | No. Panggil | Akses | Lokasi | Ketersediaan |
---|---|---|---|---|
007702 | 372.02 DIR p | Dapat dipinjam | DISPUSARDA Kota Metro - Ruang Koleksi Umum | Tersedia
pesan |
Tag | Ind1 | Ind2 | Isi |
001 | INLIS000000000011403 | ||
005 | 20220223031617 | ||
008 | 220223###########################0#ind## | ||
035 | # | # | $a 0010-0721006662 |
082 | # | # | $a 372.02 |
084 | # | # | $a 372.02 DIR p |
110 | # | # | $a Dirjen Pendidikan Dasar Dan Menengah |
245 | 1 | # | $a Profil Taman Kanak-kanak Dan Sekolah Dasar Model |
260 | # | # | $a Jakarta :$b Dirjen Pendidikan Dasar Dan Menengah,$c 2004 |
300 | # | # | $a 71 hlm. ; $c 21 cm. |
520 | # | # | $a PROFIL, TAMAN KANAK-KANAK DAN SEKOLAH DASAR MODEL Dalam rangka mewujudkan suatu sistem pendidikan yang bermutu sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, Departemen pendidikan Nasional menetapkan suatu kebijakan untuk menyelenggarakan suatu sekolah yang dapat dijadikan sebagai quality insurance pelayanan pendidikan. Kebijakan ini diwujudkan dalam bentuk pembangunan sekolah model yang bertaraf internasional. Pada sekolah model perkembangkan pendidikan yang ideal, lengkap dengan perangkat(eras dan lunak untuk mendukung penyelenggaraan sekolah yang rendekati ideal baik yang berkaitan dengan sarana prasarana maupun sumber daya manusia. Pembangunan sekolah model dilaksanakan bersama-sama antara Pemerintah, Provinsi, dan Kabupaten/kota serta masyarakat, karena pembangunan ini antara lain dimaksudkan untuk melembagakan pendidikan yang berbasis pada masyarakat dengan memperhatikan prinsip pendidikan anak seutuhnya yang meriputi logika, etika, estetika, dan kinestika. Dengan demikian pada sekolah model diterapkan standar PROFIL SEKOLAH MODEL kebijakan pendidikan yang meliputi sarana prasarana, kurikulum, manajemen, kompetensi Siswa, tenaga kependidikan dan peran serta masyarakat. Pembangunan sekolah model dilakukan secara bertahap, dan diharapkan nantinya setiap provinsi memiliki minimal satu sekolah model sebagai wahana pengembangan berbagai inovasi pendidikan.Sebagai wadah pembangunan sumber daya manusia (SDM), sekolah model diharapkan dapat mengantisipasi program dan layanan pendidikan yang mampu bersaing dan bersanding dengan sekolah internasional serta handal dalam menghadapi era global maupun memenuhi tuntutan kebutuhan pembangunan lokal dan nasional. Pada saat ini pemerintah belum memiliki model sekolah yang terpadu dalam satu komplek untuk jenjang TK, SD, SLTP dan SLTA. Oleh karena itu perlu dilakukan perintisan yang bertahap dan berkelanjutan sehingga masyarakat dapat memperoleh jaminan pelayanan pendidikan yang bermutu dalam satu lingkungan yang terpadu. pada tahap awal kami menyambut baik prakarsa Direktorat Pendidikan Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar untuk membangun #t olah model yang merupakan paduan pelayanan pendidikan di taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar. Penyelenggaraan sekolah model ini perlu kesepakatan bersama antara pemerintah dalam 6al ini Depdiknas, Propinsi dan Kabupaten/kota, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Dinas Pendidikan dan instansi terkait. sehingga kepastian pelayanan pendidikan yang bermutu dan berkelanjutan dapat diterima dan dirasakan oleh masyarakat. Meskipun pedoman standarisasi pembangunan sekolah model ini sudah beberapa kali disempurnakan kami merasa masih ada beberapa hal yang perlu ditambahkan dan disesuaikan berdasarkan kondisi dan kebutuhan daerah setempat. Untuk itu dalam rangka penyempurnaan pedoman ini sangat kami harapkan kritik, saran dan masukan yang membangun. Akhirnya kami berharap pedoman ini dapat berfungsi sebagaimana mestinya dan pedoman ini dapat menjadi acuan dalam :embangunan, penyelenggaraan, dan pengembangan sekolah model. |
650 | # | 4 | $a Pendidikan Anak Usia Dini |
990 | # | # | $a 007702 |
990 | # | # | $a 007703 |
990 | # | # | $a 007704 |
990 | # | # | $a 007705 |
Content Unduh katalog
Karya Terkait :