na INLIS000000000009562 20220407105024 0010-0721004821 220407 0 ind PRODAK UNGGULAN DAERAH KOTA METRO BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH(BAPPEDA) METRO : BAPPEDA, 2011 121 hlm. ; 34 cm. D.338.5 BAD p Produk unggulan daerah kota metro Pembangunan Indonesia pada saat ini menghadapi dua tantanganutama yakni globalisasi dan desentralisasi. Pengaruh globalisasi mengandungimplikasi bahwa suatu aktivitas yang sebelumnya terbatas jangkauannyamenjadi berkembang dan tidak terbatas, dalam artian bahwa arus barang danjasa termasuk informasi, bebas keluar masuk tanpa batas suatu negara dan bangsa (the bordeniess world). Proses globalisasi tersebut berlangsung illeeigan cepat tidak dapat dihentikan dan tidak dapat dthinclarkan. Sementara di aimi bin gobalisasi akan meningkatkan arus perdagangan dan investasi dunia, in setiap bangsa memiliki peluang untuk memantaatkannya disamping akan inelahirkan harapan-harapan baru dalam kehidupan antar bangsa. Globalisasi irierekonomian dunia juga akan memperbesar ketidakpastian terutama karena semakin tingginya mobilisasi modal, manusia, dan sumber daya produksi serta semakin terintegrasinya kegiatan produksi, investasi, dan keuangan yang dapat menimbulkan gejolak ekonomi di suatu wilayah akibat pongaruh langsung dari ketidakstabilan ekonomi di wilayah lain.Dengan semakin terbukanya perekonomian global, pemerintahan di daerah dihadapkan pada beberapa permasalahan utama menyangkut kemampuan dalam menciptakan situasi yang kondusif untuk peningkatan potensi dan keunggulan daerah, mengeldia penyertaan modal dan menarik brestasi serta penyiapan sumber daya manusia yang berkualitas. Pada benchsi ini globalisasi seharusnya dapat dipandang sebagai suatu peluang dan tantangan bukan ancaman.Berkaitan dengan hal tersebut, Pemerintah Kota Metro dituntut harus warnpu menarik minat badan usaha lokal, nasional dan internasional untuk dapat melakukan aktivitas perekonomian di Kota Metro. Dalam Iingkungan Aporsaingan yang semakin tajam semua badan usaha lokal maupun nasional agar digiring untuk menggali unsur-unsur pembentukan keunggulankompetitifnya agar dapat tidak sekedar eksis (hidup). D.338.5 EKONOMI PRODUKSI 12235