02026 2200205 4500001002100000005001500021035002000036008004100056245005400097100001700151260003600168300002300204020001800227084001700245520149600262082001101758650003001769990001001799990001101809INLIS00000000000847920220128021251 a0010-0721003738220128 g 0 ind 1 aUpaya Pembaharuan Dalam Pendidikan Dan Pengajaran1 aWijaya, Cece aBandung :bRemadja Karya,c1988 a206 hlm. ;c21 cm. a979-424-080-x a370.71 WIJ u aUpaya pembaharuan dalam pendidikan dan pengajaran Pembaharuan berarti penggantian yang lama dengan yang baru. Tentu dengan yang mutunya lebih baik. Kalau tidak, berarti pembaharuan itu tidak ada gunanya. Pendidikan clan pengajaran memerlukan pembaharuan yang berkesinambungan. Fungsi pembaharuan di sini tidak sekadar untuk meningkatkan mutu. Yang lebih penting ialah agar pendidikan clan pengajaran setidak-tidaknya dapat senantiasa mengimbangi kemajuan di dalam masyarakat. Kehidupan bermasyarakat semakin rumit. Penggunaan teknologi semakin meluas, clan teknologi yang digunakannya pun semakin canggih. Jika pendidikan clan pengajaran tidak senantiasa diperbaharui untuk mengimbanginya meskipun mutunya untuk suatu masa sudah baik, bahkan sangat balk berarti pendidikan clan pengajaran itu relatif mundur. Jika semula dapat menghasilkan manusia yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakatnya, sekarang tidak lagi. Yang sangat disesalkan ialah tidak sedikit orang tua murid, bahkan guru, yang menganggap bahwa pembaharuan itu hanya mempersulit pelaksanaan pendidikan clan pengajaran. Padahal, kurikulum, program, bahkan fasilitas yang sangat baik tidak akan dapat meningkatkan mutu pendidikan clan pengajaran jika tidak ditunjang oleh kita semua, clan khususnya oleh guru. Buku ini dapat membantu para guru, calon guru, clan orang tua murid agar dapat berperan serta dalam Upaya Pembaharuan dalam Pendidikan dan Pengajaran. Pembaharuan harus diupayakan, tidak dapat terjadi dengan sendirinya. a370.71 4aPendidikan Dan Pengajaran a06557 a045137