02689 2200229 4500001002100000005001500021035002000036008004100056245005800097100002000155260003100175300002300206020002200229084001700251520210900268082001102377650001702388650002202405990001002427990001102437990001102448INLIS00000000000815120220204022338 a0010-0721003410220204 g 0 ind 1 aManajemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan1 aSagala, Syaiful aBandung :bAlfabeta,c2009 a274 hlm. ;c24 cm. a978-979-8433-20-7 a371.02 SAG m aManajemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan manajemen stratejik yang diterapkan dalam manajemen sekolah menjadi kunci efektifnya pelaksanaan program dan kegiatan untuk mencapai tujuan pendidikan dan adanya peningkatan mutu secara terus-menerus.Salah satu upaya yang hangat kini ditempat para pengambil kebijakan dalam apaya meningkatkan mutu manajemen pendidikan khususnya di sekeolah adalah peierapan manajemen berbasis sekolah mengacu pada standar pelayanan minimal. Namun kenyataannya sekolah dihadapkan pada birokrasi yang lebih mengedepankan pendekatan birokratik dalam menberikan layanan kepada sekolah sebagai lembaga, sehingga prinsip-prinsip manajemen berbasis sekolah demokratis, kreatif, inovatif, ahnntabel dan transparan belumlah dapat dipenuhi sebagaimana yang diharapkan. buku ini memberi penjelasan tentang "manajemen strategik dalam peningkatan mutu pendidikan " khasusnya pada manajemen sekolah dan posisinya dalam mencapai tujuan pendidikan sebagai bagian dari peningkatan kualitas sumberdaya manusia. Manajemen strategik yang diterapkan di sekolah akan mendorong suasana demokratis, kreatif, inovatif, akuntabel dan transparan semakin menjadi budaya manajemen sekolah. Budaya manajemen sekolah yang demikian ini akan lebih menampakkan jatidirinya, jika para birokrat pendidikan pada pemerintahan memposisikan diri untuk memfasilitasi semangat budaya tersebut. apa yang disajikan dalam buku ini membahas secara mendalam mengenai problematika administrasi dan manajemen sekolah, konsep dasar administrasi sekolah, konsep dasar manajemen sekolah, organisasi sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan, manajemen strategi sekolah, menggunakan manajemen berbasis sekolah dalam meningkatkan mutu, penilaian kinerja sekolah, manajemen pembiayaan dalam organisasi sekolah, dan partisipasi masyarakat terhadap sekolah. Buku ini layak dibaca terutama oleh para pengambil kebijakan pendidikan, pimpinan lembaga pendidikan, pemerhati manajemen pendidikan, mahasiswa yang menaruh perhatian pada pendidikan, para peneliti pendidikan, dan masyarakat luas yang menaruh minat pada pendidikan. a371.02 4aAdministrasi 4aManajemen Sekolah a02527 a044589 a044590