na INLIS000000000007714 20220103100106 0010-0721002973 220103 g 0 ind Lesson Study Berbasis Sekolah : Guru Menuju Konservatif Menuju Guru Inovatif Susilo, Herawati ... [et. All] Malang : Banyumedia Publishing, 2009 242 hlm. ; 21 cm. 978-602-82-99-20-6 371.01 SUS l LESSON STUDY BERBASIS SEKOLAH. Salah satu cara meningkatkan proses belajar mengajar di dalam kelas dengan pelaksanaan lesson study. Ada beberapa keunggulan yang terkandung dalam lesson study. Lesson study merupakan suatu bentuk utama peningkatan kualitas pembelajaran dan pengembangan keprofesionalan serta memiliki peran yang cukup besar dalam melakukan perubahan secara sistemik karena tidak hanya memberikan sumbangan terhadap pengetahuan keprofesionalan guru, tetapi juga terhadap peningkatan sistem pendidikan yang lebih luas. Lesson studyberbasis sekolah (LSBS) telah dilaksanakan sejak tahun pelajaran 2004/2005 di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang hingga saat ini. Kegiatan tersebut terbukti menciptakan peserta didik yang menyadari pentingnya belajar bagaimana belajar, meningkatkan prestasi peserta didik, dan mampu mengubah guru yang konservatif menuju guru yang inovatif, serta guru memiliki kemauan untuk terus belajar sepanjang hayat. Selain hal tersebut, LSBS di SMA Laboratorium UM mampu membawa para guru menjadi tutor pembelajaran inovatif melalui kegiatan lesson study to campus yang dikembangkan dan menjadi peneliti yang andal dalam kegiatan penelitian tindakan kelas (PTK). 371.01 Pengajaran Guru 00703 043106 043107