01826 2200229 4500001002100000005001500021035002000036008004100056245008200097100003500179260004300214300002300257020002300280084001700303520120900320082001101529650001501540650000901555990001001564990001101574990001101585INLIS00000000000771420220103100106 a0010-0721002973220103 g 0 ind 1 aLesson Study Berbasis Sekolah :bGuru Menuju Konservatif Menuju Guru Inovatif1 aSusilo, Herawati ... [et. All] aMalang :bBanyumedia Publishing,c2009 a242 hlm. ;c21 cm. a978-602-82-99-20-6 a371.01 SUS l aLESSON STUDY BERBASIS SEKOLAH. Salah satu cara meningkatkan proses belajar mengajar di dalam kelas dengan pelaksanaan lesson study. Ada beberapa keunggulan yang terkandung dalam lesson study. Lesson study merupakan suatu bentuk utama peningkatan kualitas pembelajaran dan pengembangan keprofesionalan serta memiliki peran yang cukup besar dalam melakukan perubahan secara sistemik karena tidak hanya memberikan sumbangan terhadap pengetahuan keprofesionalan guru, tetapi juga terhadap peningkatan sistem pendidikan yang lebih luas. Lesson studyberbasis sekolah (LSBS) telah dilaksanakan sejak tahun pelajaran 2004/2005 di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang hingga saat ini. Kegiatan tersebut terbukti menciptakan peserta didik yang menyadari pentingnya belajar bagaimana belajar, meningkatkan prestasi peserta didik, dan mampu mengubah guru yang konservatif menuju guru yang inovatif, serta guru memiliki kemauan untuk terus belajar sepanjang hayat. Selain hal tersebut, LSBS di SMA Laboratorium UM mampu membawa para guru menjadi tutor pembelajaran inovatif melalui kegiatan lesson study to campus yang dikembangkan dan menjadi peneliti yang andal dalam kegiatan penelitian tindakan kelas (PTK). a371.01 4aPengajaran 4aGuru a00703 a043106 a043107