na INLIS000000000007683 20211222103504 211222 g 0 ind 979-010-003-5 0010-0721002942 300.07 300.07 SOL c Solihatin, Etin Cooperative Learning : Analisis Model Pembelajaran IPS / Raharjo Jakarta : Bumi Aksara, 2007 140 hlm. ; 23 cm. cooperative learning analisis model pembelaaran IPS Imu Pengetahuan Sosial adalah pelajaran yang sangat membosankan ". Itulah kalimat yang sering dilontarkan oleh mahasiswa yang sedang mempelajari IPS. Kebosanan ini sesungguhnya bukan disebabkan oleh materinya yang cenderung teoritis dan bersifat hafalan, tetpi lebih disebabkan oleh cara mengajar yang terkadang monoton, tidak variatif sehingga iklim kelas pun menjadi tidak kondusif. sebgai solusi untuk mengatasi hal tersebut, guru bisa menerapkan model yang cukup inovatif, yaitu cooperative learning. cooperative learning merupakan suatu model pembelajaran yang membantu mahasiswa dalam mengembangkan pemahman dan sikapnya sesuai dengan kehidupan nyata sehingga dalam bekerja secara bersama-sama di antara sesama anggota kelompok dapat meningkatkan motivasi, produktivitas dan hasil belajar. buku ini membahas secara detail bagaimana menciptakan kegiatan pembelajaran yang tidak membosankan cara menerapkan model cooperative learning. sebuah aflikasi pada materi hak asazi manusia ( ham ), budaya, good governance yang dibahas pada bab yang terahir semakin memperjelas konsepsi dari model cooperative learning. Ilmu Pengetahuan Sosial 042802 042803 042804 042805 042806