01787 2200241 4500001002100000005001500021008004100036020001800077035002000095082001100115084001700126100002000143245007100163260003400234300002300268520117100291650002801462990001101490990001101501990001101512990001101523990001101534INLIS00000000000768320211222103504211222 g 0 ind  a979-010-003-5 a0010-0721002942 a300.07 a300.07 SOL c1 aSolihatin, Etin1 aCooperative Learning :bAnalisis Model Pembelajaran IPS /cRaharjo aJakarta :bBumi Aksara,c2007 a140 hlm. ;c23 cm. acooperative learning analisis model pembelaaran IPS Imu Pengetahuan Sosial adalah pelajaran yang sangat membosankan ". Itulah kalimat yang sering dilontarkan oleh mahasiswa yang sedang mempelajari IPS. Kebosanan ini sesungguhnya bukan disebabkan oleh materinya yang cenderung teoritis dan bersifat hafalan, tetpi lebih disebabkan oleh cara mengajar yang terkadang monoton, tidak variatif sehingga iklim kelas pun menjadi tidak kondusif. sebgai solusi untuk mengatasi hal tersebut, guru bisa menerapkan model yang cukup inovatif, yaitu cooperative learning. cooperative learning merupakan suatu model pembelajaran yang membantu mahasiswa dalam mengembangkan pemahman dan sikapnya sesuai dengan kehidupan nyata sehingga dalam bekerja secara bersama-sama di antara sesama anggota kelompok dapat meningkatkan motivasi, produktivitas dan hasil belajar. buku ini membahas secara detail bagaimana menciptakan kegiatan pembelajaran yang tidak membosankan cara menerapkan model cooperative learning. sebuah aflikasi pada materi hak asazi manusia ( ham ), budaya, good governance yang dibahas pada bab yang terahir semakin memperjelas konsepsi dari model cooperative learning. 4aIlmu Pengetahuan Sosial a042802 a042803 a042804 a042805 a042806