na INLIS000000000000678 20230412015622 0010-0621000278 230412 g 0 ind Berbagai Pendekatan Dan Pengajaran Bahasa Dalam Sastra Struktur Humanistik, Komunikatif, Progmatik Sumardi, Muljanto Jakarta : Sinar Harapan1, 996 326 hlm ; 21 cm. 979-416-191-8 415 SUM b BERBAGAI PENDEKATAN DALAM PENGAJARAN BAHASA DAN SASTRA Bunga rampai karangan enam pakar bahasa kita ini yang membahas masalah pengajaran bahasa dan sastra di Indonesia patut ditelaah dan dan dikaji oleh semua orang yang minatnya di bidang bahasa dan pemakainya. Pengembangan kurikulum, pembuat soalan ujian, pengajar bahasa, dan penyusun bahan pengajaran akan menemukan butir-butir informasi yang bermanfaat demi peningkatan mutu pelaksanaan profesinya. Barang siapa yang mempelajari karangan yang terkumpul ini akan menemukan jawaban mengapa pengajaran bahasa di Indonesia kurang berhasil. Para pengarang menunjukkan bahwa guru bahasa sering menyamakan pengajaran bahasa dengan pengajaran kaidah bahasa. Kita jarang menemukan buku-kerja yang menemani buku tata bahasa. Di samping itu, guru bahasa meng-adapi kelas yang terlalu besar sehingga proses belajar-mengajar kurang efektif. Kita pun dapat mengambil hikmah dari uraian yang dipaparkan di dalam buku ini bahwa kadar relevansi bahan pengajaran sering tidak cocok dengan keperluan pembelajar bahasa untuk dapat berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan efektif. Pengulangan pembahasan memang mendukung daya ingat kita, tetapi pengulangan pokok bahasan yang sama, meskipun dengan tajuk yang berbeda, selama enam tahun hanya berakibat kebosanan pada pihak pemelajar tanpa ia merasa telah mencapai hasil yang memadai. Di dalam bunga rampai ini dapat juga diselami seluk-beluk tes dan ujian bahasa yang sahih dan andal. Bagaimana kita dapat mengukur kemampuan dan kefasihan berbahasa orang seorang jika kita tidak tahu bagaimana harus mengukur ? 415 Bahasa Indonesia Buku Pelajaran 014992 014991 011724 011725