02252 2200241 4500001002100000005001500021035002000036008004100056245010300097100002200200260003600222300002200258020001800280084001400298520160600312082000801918650002101926650001901947990001101966990001101977990001101988990001101999INLIS00000000000067820230412015622 a0010-0621000278230412 g 0 ind 1 aBerbagai Pendekatan Dan Pengajaran Bahasa Dalam Sastra Struktur Humanistik, Komunikatif, Progmatik1 aSumardi, Muljanto aJakarta :bSinar Harapan1,c996 a326 hlm ;c21 cm. a979-416-191-8 a415 SUM b aBERBAGAI PENDEKATAN DALAM PENGAJARAN BAHASA DAN SASTRA Bunga rampai karangan enam pakar bahasa kita ini yang membahas masalah pengajaran bahasa dan sastra di Indonesia patut ditelaah dan dan dikaji oleh semua orang yang minatnya di bidang bahasa dan pemakainya. Pengembangan kurikulum, pembuat soalan ujian, pengajar bahasa, dan penyusun bahan pengajaran akan menemukan butir-butir informasi yang bermanfaat demi peningkatan mutu pelaksanaan profesinya. Barang siapa yang mempelajari karangan yang terkumpul ini akan menemukan jawaban mengapa pengajaran bahasa di Indonesia kurang berhasil. Para pengarang menunjukkan bahwa guru bahasa sering menyamakan pengajaran bahasa dengan pengajaran kaidah bahasa. Kita jarang menemukan buku-kerja yang menemani buku tata bahasa. Di samping itu, guru bahasa meng-adapi kelas yang terlalu besar sehingga proses belajar-mengajar kurang efektif. Kita pun dapat mengambil hikmah dari uraian yang dipaparkan di dalam buku ini bahwa kadar relevansi bahan pengajaran sering tidak cocok dengan keperluan pembelajar bahasa untuk dapat berkomunikasi secara lisan dan tertulis dengan efektif. Pengulangan pembahasan memang mendukung daya ingat kita, tetapi pengulangan pokok bahasan yang sama, meskipun dengan tajuk yang berbeda, selama enam tahun hanya berakibat kebosanan pada pihak pemelajar tanpa ia merasa telah mencapai hasil yang memadai. Di dalam bunga rampai ini dapat juga diselami seluk-beluk tes dan ujian bahasa yang sahih dan andal. Bagaimana kita dapat mengukur kemampuan dan kefasihan berbahasa orang seorang jika kita tidak tahu bagaimana harus mengukur ? a415 4aBahasa Indonesia 4aBuku Pelajaran a014992 a014991 a011724 a011725