03520 2200241 4500001002100000005001500021035002000036008004100056245005000097100001200147260003100159300002500190084001600215520294700231082001003178650002503188990001003213990001103223990001103234990001103245990001103256990001103267INLIS00000000000066520220307084924 a0010-0621000265220307 g 0 ind 1 aManajemen Dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah0 aDarmono aJakarta :bGrasindo,c2001 a240 hlm. ;c20,7 cm. a027.8 DAR m aManajemen Dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah Perpustakaan Sekolah merupakan bagian penting dari komponen pendidikan yang tidak dapat dipisahkan keberaclaannya dari lingkungan sekolah. Sebagai salah satu sarana pendidikan Perpustakaan Sekolah berfungsi sebagai penunjang kegiatan belajar siswa, membantu siswa dan guru dalam memacu tercapainya tujuan pendidikan di sekolah. Pentingnya Perpustakaan Sekolah dapat dilihat dalam UU No 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dinyatakan bahwa setiap satuan pendidikan jalur pendidikan sekolah yang diselenggarakan oleh Pemerintah maupun masyarakat harus menycdiakan sumber belajar. Pada penjelasan UU No 2 1989 juga dinyatakan bahwa pendidikan tidak mungkin terselenggara dengan baik apabila para tenaga kependidikan maupun para peserta didik tidak didukung oleh sumber belajar yang diperlukan untuk penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar yang bersangkutan. Salah satu sumber belajar yang amat penting, tetapi bukan satu-satunya adalah perpustakaan. Dalam praktiknya belum semua sekolah dapat menyelenggarakan perpustakaan sekolah dengan baik. Masih banyak kendala yang dihadapi oleh sekolah, salah satunya aclalah kurangnya pengetahuan para pimpinan sekolah, clan pengelola Perpustakaan tentang masalah manajemen perpustakaan. Buku-buku tentang perpustakaan sekolah yang beredar sementara ini kebanyakan membahas hal-hal teknis tentang penyelenggaraan perpustakaan dan bukan manajemen dari perpustakaan itu sendiri. Buku ini disusun dengan maksud untuk mengisi kekosongan clan kelangkaan buku tentang manajernen perpustakaan sekolah tersebut. Secara umum buku ini membahas beberapa aspek manajemen yang dapat diterapkan di lingkungan perpustakaan sekolah yang akan berfungsi sebagai sumber belajar, dan bukan sekedar tempat pengumpulan buku saja. Agar perpustakaan dapat berfungsi sebagai sumber belajar bagi siswa dan guru, maka perpustakaan perlu diselenggarakan dengan menerapkan prinsip-prinsip manajerial dalam pengelolaannya. Secara keseluruhan buku ini membahas tentang perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar, manajemen perpustakaan sekolah, organisasi perpustakaan sekolah, tata aliran kerja perpustakaan sekolah, manajemen pengembangan koleksi, manajemen pelestarian clan perawatan koleksi, pengorganisasian koleksi perpustakaan, manajernen layanan perpustakaan, promosi perpustakaan clan bimbingan minat baca siswa, manajemen perencanaan gedung clan tata ruang perpustakaan, serta manajemen sumber daya pustakawan. Dilihat dari cakupan isinya buku ini cocok bagi pengawas sekolah, penilik sekolah, kepala sekolah, pengelola perpustakaan sekolah, mahasiswa jurusan ilmu perpustakaan, serta masyarakat umum yang berminat terhadap penyelenggaraan perpustakaan. Semoga buku ini bermanfaat bagi siapa saja yang berminat terhadap pengembangan perpustakaan sekolah, pemasyarakatan perpustakaan, dan pengembangan minat baca di kalangan peserta didik dan masyarakat umum. by:of a027.8 4aPerpustakaan Sekolah a08686 a032812 a032813 a032814 a032815 a032816