02961 2200241 4500001002100000005001500021035002000036008004100056245004600097100002000143260003100163300002300194084001700217520239200234082001102626650001402637650001302651990001102664990001102675990001102686990001102697990001102708INLIS00000000000699520211130101739 a0010-0721002254211130 0 1 aBerfikir Lateral :bBuku Teks Kreatifitas1 aBono, Edward De aJakarta :bErlangga,c1991 a296 hlm. ;c18 cm. a153.01 BON b aBerpikir Lateral Buku ini dimaksudkan untuk dipakai baik di rumah maupun di sekolah. Di sekolah secara tiadisional senantiasa ditekankan berpikir vertikal yang memang efektif, tetapi tidak lengkap. Tipe berpikir selektif ini harus dilengkapi dengan kualitas generatif berpikir kreatif (Creative thinking) hal ini sudah mulai dilaksanakan di beberapa sekolah, namun kreativitas biasanya hanya diperlakukan sebagai sesuatu yang diinginkan melalui nasihat yang samar. Tidak ada prosedur praktis dan disengaja uuntuk menumbuhkannya. Buku ini membahas berpikir lateral (lateral thinking) sebagai proses penggunaan informasi untuk menumbuhkan kreativitas dal pembangunan kembali pemahaman (insight restructuring). Berpikir lateral dapat dipelajari, dipraktekan dan digunakan. anda dapat memiliki kemampuan berpikir lateral, seperti halnya Anda dapat memiliki kemampuan matematik. Buku ini seyogyanya dipakai oleh para guru yang sedang mencari suatu cara praktis untuk mengajarkan tipe berpikir yang semakin bertambah penting ini. Buku ini pun menyajikan kesempatan formal untuk mempraktektan cara berpikir lateral secara praktis dan juga menyajikan penjelasan proses yang terdapat di dalamnya. Guru dapat memakai buku ini untuk kepentingan sendiri, atau lebih baik lagi sebagai basis pelajaran dalam kelas. karena pengenalan kreativitas praktis dalarn pendidikan di sekolah mungkin menyita waktu agak lama, maka para orang tua murid hendaknya jangan hanya bersiikap menunggu. Hendaknya mereka membantu dengan pelajaran rumah dalam berpikir lateral ini, selain yang dilakukan dalam Iingkungan sekolah. Perlu ditekankan bahwa tidak ada pertentangan antara kedua cara berpikir ini. Kedua-duanya perlu. Berpikir vertikal amat berguna, tetapi kita perlu meningkatkan kegunaannya dengan menambahkan kriativitas dan mengendurkan kekakuannya.Pada saatnya nanti ihwal ini akan dilaksanakan di sekolah, tetapi sebelum saat itu tiba mungkin perlu melaksanakannya di rumah terlebih dahulu. Buku ini tidak dimaksudkan untuk dibaca sarnpai selesai seketika, tetapi dibaca perlahan-lahan dalam beberapa bulan atau mungkin beberapa tahun. Karena alasan tersebut, banyak prinsip yang acapkali diulang agar kita dapat menjaga kesatuan subyek dan menghindari fragmentasinya ke dalam teknik semata-mata. Dalam menggunakan buku ini penting diingat bahwa praktek jauh lebih penting dari sekedar mengerti prosesnya. a153.01 4aPsikologi 4aBerpikir a001766 a001767 a001768 a001769 a001770