01827 2200241 4500001002100000005001500021035002000036008004100056245006600097100001800163260003100181300002000212020001800232084001700250520123100267082001101498650002101509990001101530990001101541990001101552990001101563990001101574INLIS00000000000064420211110112921 a0010-0621000244211110 0 ind 1 aParadigma Pendidikan Islam :bKapita Selekta Pendidikan Islam aNata, Abuddin aJakarta :bGrasindo,c2001 a340 hlm. ;ccm. a979-695-221-1 a297.06 NAT p aPARADIGMA PENDIDIKAN ISLAM Perkembangan masyarakat sering menimbulakn perubahan dalam pola hubungan ekonomi,sosial, dan budaya dari umat manusia itu sendiri. Tak jarang, perubahan itu menimbulkan keguncangan sosial jika tidak disiapkan dengan sebaik-baiknya.Salah satu persiapan yang dapat dilakukan ialah membenahi jalur pendidikan dan membuatnya relevan,sedemikian rupa, sehingga mempu menjawab kebutuhan masyarakat dan sanggup membaca tanda-tanda zaman. Pendidikan Islam di negeri ini pun diharapkan sanggup menjawab kebutuhan masyarakat dan dapat menagkap isyarat zaman. Namun, maslah yang dihadapi lembaga pendidkan untuk sampai ke sana tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dalam kaitan itu, berbagai masalah yang berkaitan dengan pendidikan Islam, seperti tujuan pendidikan,kurikulum,guru,metode,pendekatan, dan sarana pendidikan perlu segera dibenahi. Paradigma pendidikan Islam dapat menjadi salah satu alternatif pemecahan masalah yang dapat mengurai lingkaran setan problematika pendidikan islam. Selain dapat digunakan sebagai cara pandang dan dasar pemikiran, ia juga menawarkan paradigma daru dalam melihat berbagai persoalan penting dan pokok yang selama ini menggayuti lembaga dan dunia kependidikan Islam. a297.06 4aPendidikan Islam a011038 a011039 a011040 a011041 a011042