02843 2200349 4500001002100000005001500021035002000036008004100056245002900097100001400126260003800140300002200178020001800200084001400218520207300232082000802305650001502313650001402328710001902342990001102361990001102372990001102383990001102394990001102405990001102416990001102427990001102438990001102449990001102460990001102471990001102482INLIS00000000000658720211116102703 a0010-0721001846211116 g 0 ind 1 aAgribisnis Tanaman Sayur1 aRahardi F aJakarta :bPenebar Swadaya,c2008 a52 hlm. ;c21 cm. a979-489-192-4 a338 RAH a aAGRIBISNIS TANAMAN SAYUR Sebagai penduduk Indonesia sepatutnya kita bersyukur karena alam Indonesia dapat ditanami berbagai sayuran. Sayuran tersebut tidak hanya asli Indonesia, tapi juga ada yang berasal dari negeri lain. Aneka sayuran itu dapat digolongkan pada jenis sayuran komersial dan non komersial. Komersial di sini berarti sayuran tersebut mempunyai banyak peminat (memasyarakat) meskipun harganya relatif rendah atau sayuran tersebut diminati kalangan tertentu dengan harga tinggi atau mempunyai peluang bagus untuk komoditi ekspor. Idealnya seseorang mengkonsumsi saynran sekitar 2CI gram per hari. Berarti penduduk Indonesia yang berjumlah sekitar 170 juta jiwa memerlukan 34.000 ton sayuran per hari. Katakanlah hanyakira-kira 5090 yang membeli sayuran, jumlah total kebutuhan sayuran tetap merupakan potensi yang besar bagi pasar sayuran. Kesadaran masyarakat tentang pentingnya mutu makanan, termasuk sayuran, semakin meningkat seiring dengan meningkatnya pendidikan dan pengetatruan masyarakat. Hal ini jelas terlihat pada masyarakat kota yang sebagian besar memang mampu membelinya, Dengan dernikian jelaslah bahwa mutu dan kesegaran sayuran sangat menentukan harganya. Padahal seperti produk hortikultura yangliain, saynrran sangat mudah rusak dan membusuk dalam waktu yang relatif singkat sehingga mutunya menurun atau bahkan tidak dapat dikonsumsi sama sekali. Hal ini berarti pasar harus selalu dipasok sayuran segar setiap hari. Dari sini bisa ditarik kesimpulan, peluang bisnis sayluan cukup besar dan menarik. Untuk menghasilkan sayuran kornersial. yang segar dan bermutu tinggi dengan harga yang layak dan keuntungan yang memadai diperlukan suatu penanganan yang baik mulai dari perencanaan tanam hingga pemasarannya ke konsumen. Kesemuanya itu tercakup dalam manajemen sayuran komersial yang merupakan suatu kasus manajemen yang bersifat unik. Di dalam buku ini akan diterangkan secara gamblang dan lebih rinci tentang manajemen bisnis sayuran komersial. Agar lebih mudah dimengerti, penjelasannya dilengkapi dengan contoh yang nyata.(libra) a338 4aAgrobisnis 4aPertanian2 aTim Penulis PS a002309 a040750 a040751 a040752 a040753 a040754 a040755 a040756 a002306 a002307 a002308 a002310