02745 2200205 4500001002100000005001500021035002000036008004100056245008400097100002100181260005300202300002300255084002200278520213500300082001602435650002902451650001102480600003702491990001102528INLIS00000000000653920230316104954 a0010-0721001798230316 0 ind 1 aBuku Pedoman Manajemen Perawatan Preventif Sarana Dan Prasarana Pendidikan SLTP1 aIskandar, Harris aJakarta :bDepartemen Pendidikan Nasional,c2001 a141 hlm. ;c22 cm. aR.371.658 7 ISK b aBuku Pedoman Manajemen Perawatan Preventif Sarana Dan Prasarana Pendidikan SLTP Buku ini dimaksudkan sebagai buku panduan teknis tentang perawatan sarana dan prasarana sekolah bagi guru, staf, maupun teknisi laboran sekolah. Sebagai buku panduan, pelaksanaan dari buku ini diharapkan dapat dikembangkan secara lebih terpadu dengan melibatkan unsur-unsur terkait dengan bidang sarana dan prasarana di sekolah. Buku ini terdiri atas 7 Bab. Bab I sampai dengan Bab V berisi program perawatan bangunan/gedung sekolah dan fasilitas pendukungnya. Bab VI VII membahas perihal sarana dan peralatan yang ada pada laboratorium serta keselamatan dan keamanan di laboratorium. Penyusunannya didasarkan atas masalah yang sering terjadi pada setiap sarana dan peralatan, cara-cara penanganannya, serta periode waktu pemeriksaan yang disarankan. Perawatan berbeda dengan perbaikan. Perawatan adalah menjaga sarana dan peralatan agar tetap dapat berfungsi sesuai dengan ketentuan teknis dan dalam pelaksanaanya dapat dilakukan oleh siapa saja dengan sedikit pengetahuan cara melakukan perawatan. Sedangkan perbaikan adalah tindakan yang dilakukan terhadap sarana atau peralatan yang sudah rusak dan mengharuskan orang mendalami sifat, karakteristik dan teknis peralatan itu, sehingga dapat melakukan perbaikan terhadap kerusakan yang terjadi. Diharapkan program perawatan preventif sarana dan prasarana sekolah bisa dikembangkan menjadi program pokok sekolah yang dilakukan secara rutin dan terpadu dengan suatu mekanisme sistem yang menjamin keterlaksanaanya. Dengan melakukan perawatan terhadap sarana sekolah, diharapkan kondisi operasional sarana dan prasarana sekolah dapat lebih optimal sehingga mampu meningkatkan layanan dan efisiensi sekolah, serta mendukung terciptanya iklim sekolah yang kondusif. Buku panduan ini merupakan revisi dari buku Panduan Perawatan Preventif Sarana dan Prasarana Pendidikan SMU, disesuaikan untuk keperluan SLTP, dan diterbitkan oleh Direktorat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, Ditjen Dikdasmen Depdiknas melalui Proyek Perluasan dan Peningkatan Mutu SLTP-World Bank Loan 4042,1062 and 4095-IND Jakarta. of aR.371.658 7 4aSekolah Menengah Pertama 4aSarana 4aManajemen dan Organisasi Sekolah a005100