02041 2200193 4500001002100000005001500021035002000036008004100056245003900097110004100136260003300177300002300210084001700233520152800250082001101778650003701789990001001826990001101836INLIS00000000000644820220120084107 a0010-0721001707220120 0 ind 1 aPedoman Administrasi Sekolah Dasar aDirjen Pendidikan Dasar Dan Menengah aJakarta :bDepartemen,c2003 a215 hlm. ;c28 cm. a371.02 DIR p aPedoman Administrasi Sekolah Dasarpenyusunan pedoman administrasi sekolah dasar dimaksud untuk memberikan arah kepada para pengelola pendidikan khususnya tingkat sekolah dasar dalam mengelola administrasi sekolah yang meliputi tenaga kependidikan, keuangan, kurikulum, kesiswaan, sarana dan prasarana, dan lain-lain. Pedoman administrasi sekolah dasar merupakan salah satu komponen untuk menjamin adanya standar mutu penyelenggaraan pendidikan sekolah dasar dengan tetap mengacu pada Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintah Daerah, dan Peraturan Pemerintah nomor 25 Tahun 2000 yang mengatur tentang kewenangan pemerintah, provinsi, dan kabupatenlkota sebagai daerah otonom. Pedoman administrasi sekolah dasar ini telah mengacu pada Keputusan Menteri pendidikan Nasional Nomor 053/U/2001 tentang Pedoman Penyusunan Standar Pelayanan Minimal Penyelenggaraan Persekolahan Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah serta kebijakan pemerintah mengenai Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah serta sejalan dengan kebijakan lainnya sebagai bagian dari otonomi pendidikan. Dalam penyusunan pedoman ini Direktorat Pendidikan TK dan SD melibatkan instansi yang terkait dan relevan. Materi buku pedoman ini merupakan kaidah-kaidah umum yang memberikan peluang bagi daerah untuk menyesuaikan. Dengan kondisi dan peraturan yang berlaku daerah setempat. Pada akhirnya kami mengharapkan buku ini dapat dimanfaatkan denan baik dan penerapannya dapat disesuaikan dengan keadaan serta kemampuan dari sekolah masing-masing. by:of a371.02 4aManajemen Dan Organisasi Sekolah a01087 a005154