na INLIS000000000006233 20220125110315 0010-0721001492 220125 0 ind Sosiolinguistik Pateda, Mansoer Bandung : Angkasa, 1990 108 hlm. ; 20,5 cm. 979-404-239-0 400.02 PAT s SOSIOLINGUISTIKBuku linguistik telah mengantarkan Anda kepada pengenalan sosiolinguistik secara singkat. Untuk memperkuat wawasan kita dalam bidang kebahasaan masih diperlukan pembahasan khusus tentang sosiolinguistik. Hal ini pun disesuaikan dengan. tujuan yang hendak dicapai. klta igIN,menetahui istilah sosiolinguistik itu sendiri, latar berakang munculnya ilmu ini, dan tujuan kita mempelajarinya. Karena bahasa merupakan alat untuk menghubungkan individu dengan individu, maka har itu tak dapat kita lewatkan. manusia sejak ia bangun sebelum subuh sampai ia memejamkan mata pada malam hari, selalu berurusan dengan bahasa dalam arti selalu mempergunakan dan bergaul dengan bahasi. Seandainya kita.rajin mencatat kata dan kalimat yang telah kilta manfaatkan setiap hari alangkah banyaknya kata dan kalimat itu. Tentu ada kata atau kalimat yang berulang-ulang muncul dalam pembicaraan kita. sebaliknya ada kata_kata maupun kalimat yang dua atau tiga hari baru.muncul lagi. Misalnya, pada hari inisejak kita bangun pagi sampai jam ini belum pernah kita menggunakan kata arang tetapi sudah berulang-ulang kita menggunakan kata saya, makan dan sebagainya. Manusia setiap kali menggunakan bahasa selalu dalam bentuk berbicara, mendengar, menulis, ataupun membaca. Ketika kita di SD, telah diperkenalkan bahwa penggunaan bahasa ini terbagi atas dua kegiatan, yakni:a. kegiatan yang bersifat aktif danb. kegiatan yang bersifat pasifKegiatan bahasa bersifat aktif meliputi berbicara dan menulis, dan kegiatan bahasa yang bersifat pasif miliputi mendengakan dan membaca Sebenarnya istilah aktif dan pasif tidak terlalu tajam di sini karenaorang yang mendengarkan relucon seseorang sebenarnya dia juga aktif. Dengan demikian, beragam-ragam tingkah laku manusia sehubungan dengan bahasa. 400.02 Bahasa Aneka Ragam Bahasa 013136 013140 013137 013138 013139