Komunikasi Politik Komunikator, Pesan, Dan Media Nimmo, Dan text Bandung Remaja Rosdakarya 2000 ind 263 hlm ; 24 cm. KOMUNIKASI POLITIK, KHALAYAK DAN EFEK Bagian pertama dari buku Kommunikasi Politik ini berbicara tentang opini publik. Apa yang disebut opimi ? Kapan opini pribadi pribadi menjadi opini publik ? Selanjutnya, penulis buku ini, Nimmo, membagi opini publik berdasarkan distribusinya: opini publik yang tunggal, opini publik beberapa orang, dan opini publik banyak orang. Untuk apa sebenarnya ia berbicara tentang opini publik ? Bagi Nimmo, opini publik adalah abstraksi dari khalayak komunikasi politik. Khalayak adalah sejumlah orang yang heterogen. Mereka menjadi khalayak komunikasi politik segera seterlah mereka mengkristal menjadi opini publik. Akhirnya dari bayang-bayang publik itu, orang merekonstruksi cerita-cerita politik. Ini sebetulnya akibat komunikasi politik. Melalui pembicaraan tentang hal ikhwal opini publik, Nimmo membawa kita pada empat efek penting komunikasi politik : sosialisasi politik, partisipasi politik, mempengaruhi pemilu, dan mempengaruhi para pejabat yang mengambil kebijakan politik. Walaupun topik ini sering dibicarakan dalam buku teks ilmu politik, buku ini meninjau semuanya dari perspektif komunikasi. Secara konsisten, Nimmo meninjau sumber, saluran, dan pesan dalam sosialisai politik, proses sosialisai isi pesan lewat komunikasi interpersonal, komunikasi organisasional, dan komunikasi massa, partisipasi politik dari sisi komunikator dan dari cara mereka memberikan tanggapan pada komunikasi politik. Terakhir Nimmo menyebut proses mempengaruhi pemilu sebagai komunikasi elektoral, dan proses mempengaruhi pejabat komunikasi kebijakan.(libra) Komunikasi Politik 3200141 320.0141 DAN k 979-514-872-9 220815 20220815023724 INLIS000000000000584 Converted from MARCXML to MODS version 3.5 using MARC21slim2MODS3-5.xsl (Revision 1.106 2014/12/19)