02305 2200301 4500001002100000005001500021035002000036008004100056245005600097100001500153260004000168300002200208020001800230084001900248520159100267082001201858650002301870990001101893990001101904990001101915990001101926990001101937990001101948990001101959990001101970990001101981990001101992INLIS00000000000058420220815023724 a0010-0621000184220815 g 0 ind 1 aKomunikasi Politik :bKomunikator, Pesan, Dan Media1 aNimmo, Dan aBandung :bRemaja Rosdakarya,c2000 a263 hlm ;c24 cm. a979-514-872-9 a320.0141 DAN k aKOMUNIKASI POLITIK, KHALAYAK DAN EFEK Bagian pertama dari buku Kommunikasi Politik ini berbicara tentang opini publik. Apa yang disebut opimi ? Kapan opini pribadi pribadi menjadi opini publik ? Selanjutnya, penulis buku ini, Nimmo, membagi opini publik berdasarkan distribusinya: opini publik yang tunggal, opini publik beberapa orang, dan opini publik banyak orang. Untuk apa sebenarnya ia berbicara tentang opini publik ? Bagi Nimmo, opini publik adalah abstraksi dari khalayak komunikasi politik. Khalayak adalah sejumlah orang yang heterogen. Mereka menjadi khalayak komunikasi politik segera seterlah mereka mengkristal menjadi opini publik. Akhirnya dari bayang-bayang publik itu, orang merekonstruksi cerita-cerita politik. Ini sebetulnya akibat komunikasi politik. Melalui pembicaraan tentang hal ikhwal opini publik, Nimmo membawa kita pada empat efek penting komunikasi politik : sosialisasi politik, partisipasi politik, mempengaruhi pemilu, dan mempengaruhi para pejabat yang mengambil kebijakan politik. Walaupun topik ini sering dibicarakan dalam buku teks ilmu politik, buku ini meninjau semuanya dari perspektif komunikasi. Secara konsisten, Nimmo meninjau sumber, saluran, dan pesan dalam sosialisai politik, proses sosialisai isi pesan lewat komunikasi interpersonal, komunikasi organisasional, dan komunikasi massa, partisipasi politik dari sisi komunikator dan dari cara mereka memberikan tanggapan pada komunikasi politik. Terakhir Nimmo menyebut proses mempengaruhi pemilu sebagai komunikasi elektoral, dan proses mempengaruhi pejabat komunikasi kebijakan.(libra) a3200141 aKomunikasi Politik a012501 a012504 a033041 a033042 a033043 a033044 a033045 a012500 a012502 a012503