Pedoman Strategi Kebijakan Dan Pengendalian Mutu Pendidikan Departemen Pendidikan Nasional text Jakarta Departemen Pendidikan Nasional 2003 ind 23 hlm. ; 28 cm. Pedoman strategi Kebijakan dan Pengendalian Mutu PendidikanMutu pendidikan terkait erat dengan mutu sumber daya manusia. Sesungguhnya melalui pendidikanlah suatu masyarakat berupaya rneningkatkan mutu sumber daya manusianya. Peningkatan mutu sumber daya manusia menjadi sangat penting dalam era globalisasi saat ini. Masyarakat yang memiliki sumber dayamunusia bermutu tinggi akan mampu bersaing dan memenangkan persaingan dengan masyarakat lainnya. dalam meraih kemajuandan kemakmuran. Sebaliknya, masyarakat yang memiliki sumber daya rnanusia bemutu rendah akan tertinggal dalam persaingan global. Dalam perkembangan saat ini dapat kita amati dengan jelas bahwa masyarakat yang memiliki sumber daya alam melimpah namun sumber daya manusianya bemutu rendah, juga tertinggal dibandingkun dengan masyarakat yang memiliki sumber daya manusia bemutu tinggi, walaupun mereka tidak memiliki sumber daya alanm yang mencukupi. Beberapa indikator pcndidikan yang ada saat ini menunjukkan bahwa mutu pendidikan Indonesia termasuk dulam kategori rendah dibandingkan dengan negara-negara lain, terutama dengan negara-negara tetangga di kawasan asia Tenggara. Oleh karena itu. untuk mengatasi masalah ini, Indonesia perlu melakukan upaya yang sungguh-sungguh. terarah, dan terpadu, untuk nreningkatkan mutu pendidikan pada berbagai jalur dan jenjang pendidikan yang ada. Untuk mengarahkan upaya ini perlu disusun suatu pedoman strategi kebijakan dan pengendalian mutu pendidikan, guna dapat dijadikan sebagai pedoman dalam pengendalian, perbaikan, dan peningkatan mutu pendidikan secara berkelanjutan di tanah air. Naskah pedoman ini disusun untuk memenuhi harapan terscbut. Naskah pedoman Strategi Kebijakan dan pengendalian Mutu Pendidikan ini terdiri dari 4 bagian.A. Pendahuluan, memuat uraian berkaitan dengan latar belakang dan rasional pentingnya pengendalian mutu pendidikanB. Bentuk Pengendalian Mutu Pendidikan, memuat uraian tentang bentuk-bentuk kegiatan evaluasi.Mekanisme Pelaksanaan Pengendalian Mutu Pendidikan. Manajemen Pendidikan 371.02 371.02 DEP p 220221 20220221114436 INLIS000000000005930 Converted from MARCXML to MODS version 3.5 using MARC21slim2MODS3-5.xsl (Revision 1.106 2014/12/19)