02685 2200193 4500001002100000005001500021035002000036008004100056245007100097110002100168260003200189300002200221084001700243520215400260082001102414650003402425650002102459990001102480INLIS00000000000544320220216033228 a0010-0721000702220216 0 ind 1 aMetodik Khusus Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar aDIRJEN DIKDASMEN aJakarta :bDEPDIKBUD,c1994 a51 hlm. ;c20 cm. a372.08 DIR m aMETODIK KHUSUS PENGAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASARMutu pendidikan sangat erat kaitannya dengan mutu guru. Kunci keberhasilan pelaksanium sangat ditentukan oleh faktor guru sebagai pengelola kegiatan belajar mengajar. Ikarena itu usaha peningkatan mutu pendidikan perlu ditekankan pada upaya peningkatan mutu guna. Berbagai upaya telah ditempuh oleh Direktorat Pendidikan Dasar dalam rangka peningkatan kemampuan profesional guru sekolatr dasar. Dilandasi oleh kebutuhan lapangan, dipandang perlu penerbitan buku metodik khuzus pengajuan berbagai mata pelajaran meliputi Pendidikan Moral Pancasila, Batrasa Indonesia, Ilmu pengetahuan Sosial, Ilmu Pengetahuan Alam, Matematika/berhitung dan Pendidikan Jasmani. Buku metodik khusus pengajaran ini dimaksudkan untuk memberi petunjukbagi guru dalam memilih dan menggunakan metode mengajar yang tepat sesuai dengan ciri khas masing-masing mata pelajaran Metodik ltrusus pengajaran merupakan saratr satu unsur penting dalam proses belajar mengajar. Penguasaan metodik khusus pengajaran bagi setiap guru adalatr tuntutan yang harus dipenuhi sebagai tenaga profesional kependidikan. Kemampuanini pada dasarnya tehh diperoleh semenjak berada di lembaga pendidikan, tetapi tuntutan profesional menghendaki untuk senantiasa dikembangkan secara terus menerus. Kita menyadari batrwa tidak ada satu metodepun yang sepenuhnya sesuai untuk setiap tujuanpengajaran. Setiap metode mengandung unsur-unsur kekuatan dan kelemahan tersendiri. Metode apa pun yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar sepanjang dikuasainya dengan baik akan dapat menunjang keberhasilan proses belajar mengajar. pemilihan dan penempan metode tertentu dengan berbagai variasinya harus berdasu pada tujuan yang akan dicapai dan kesesuaian dengan materi pelajaran/pokok bahasan. Karena itu ggru seharusnya dapat memilih metode secara seksama dan menerapkannya secara tepat agar proses belajar mengajar dapat berhasil dengan baik. Semoga buku ini bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi para guru. dan semoga buku ini dapat bermanfaat dan berguna bagi kita semua khususnya guru dan murid-murid sekolah dasar. ( by FA ) a372.08 4aMetode Pengajaran Ilmu Sosial 4aPendidikan Dasar a005412