03342 2200205 4500001002100000005001500021035002000036008004100056245003900097110003500136260003300171300002200204084002000226520280800246082001403054650002603068650002003094990001103114990001103125INLIS00000000000543220220105021006 a0010-0721000691220105 0 ind 1 aKurikulum 2004 SMA Bahasa Mandarin aDepartemen Pendidikan Nasional aJakarta :bDepartemen,c2003 a81 hlm. ;c20 cm. a375.495.1 DEP k aKURIKULUM 2004 SMA MATA PELAJARAN BAHASA MANDARIN Sesuai dengan amanat Garis Besar Haluan Negara (GBHN) 7999-2004, Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) menetapkan kebijakan untuk menyempurnakan Kurikulum 1994 menjadi Kurikulum 2004, yang diberlakukan mulai awal tahun pelajaran 2004/2005. Mengingat Undang-undang (UU) Nomor 2 Tahun 1999 dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 25 Tahun 2000 tentang Otonomi Daerah, telah mengatur pembagian kewenangan antara pemerintah, pemerintah Provinsi, dan pemerintah Kabupaten/Kota, maka Depdiknasmelalui Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan ( Puskur-Balitbang ), hanya menyediakan tlga dokumen utama Kurikulum 2004 yang terdiri dari: Kerangka Dasar (La), Kompetensi Lintas Kurikulum dan Kompetensi Bahan Kajian (I.b), dan Standar Kompetensi Per Mata Pelajaran ( Lc) yang mencakup Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator dan Materi Pokok untuk setiap mata pelajaran. Dokumen dimaksud tidak dilengkapi dengan garis besar program pengajaran (GBPP). Selanjutnya GBPP atau silabus harus dikembangkan oleh sekolah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi/Kabu paten/Kota. Hasil survei menunjukkan bahwa mayoritas guru dan sekolah belum siap mengembangkan silabus dan penilaian secara mandiri, sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2004 yang dikembangkan berbasis kompetensi. Berdasarkan kondisi tersebut, Direktorat Pendidikan Menengah Umum (Dikmenum) menyiapkan sejumlah pedoman dengan tujuan memberi arah secara teknis bagi guru dan sekolah dalam mengembangkan silabus dan penilaian. Pedoman dimaksud terdiri dari : Pedoman Umum Pengembangan Silabus. Pedoman UmumPengembangan Penilaian, serta Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian untuk setiap mata pelajaran, Buku Pedoman khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian ini disusun berdasarkan dokumen Kurikulum 2004 (buku I.a, I.b, I.c), Pedoman Umum Pengembangan Silabus dan Pedoman Umum Pengembangan Penilaian, dengan memperhatikan kaidah akademik, dan melalui proses validasi yang dilakukan oleh para konsultan dan asisten konsultan/guru. Pedoman ini memberi panduan teknis kepada guru mata pelajaran tentang teknik mengembangkan silabus dan penilaian secara benar. Pedoman khusus ini juga dilengkapi dengan contoh silabus dan cara penilaian. Selanjutnya berdasarkan contoh dimaksud, para guru sangat disarankan agar mengembangkan silabus dan penilaian secara mandiri sesuai dengan kondisi siswa, sekolah dan lingkungan setempat. Agar guru dapat menyusun silabus secara efektlf dan hasil yang baik, diharapkan agar terlebih dahulu mempelajari seluruh dokumen Kurikulum 2004 (buku I.a, I.b dan I.c) , Pedoman Umum Pengembangan Silabus dan Pedoman Umum Pengembangan Penilaian, serta dokumen lain yang relevan. Direktorat Pendidikan Menengah Umum, DirJen. Dikdasmen, Depdiknas.(libra) a375.495.1 4aSekolah Menengah Atas 4aBahasa Mandarin a004983 a004983