02086 2200205 4500001002100000005001500021035002000036008004100056245007100097110005400168260002800222300002000250084001800270520150900288082001201797650003701809650001201846650001101858990001101869INLIS00000000000530520221018030642 a0010-0721000564221018 f 0 ind 1 aBuku Pedoman Pengelolaan Sarana Prasarana Pendidikan Sekolah Dasar1 aDirektorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah as.n :bDepdiknas,c2003 a25 hlm ;c29 cm aR.371.6 DIR b aBuku Pedoman Pengelolaan Sarana Prasarana Pendidikan Sekolah Dasar Dalam meningkatkan mutu pendidikan, salah satu faktor yang menentukan adalah tersedianya sarana dan prasarana pendidikan yang dapat mendukung pembelajaran di sekolah. Pemanfaatan sarana dan prasarana pendidikan yang ada di sekolah perlu dikelola secara-efisien dan efektif yang meliputi kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, pemeliharaan, dan penghapusan.Berkaitan dengan hal tersebut, Direktorat Pendidikan TK dan SD, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional menyusun buku pedoman pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan TK dan SD yang tujuannya untuk memberikan acuan tkepada berbagai pihak yang menangani dan bertanggung jawab terhadap pengelolaan sarana pendidikan disekolah maupun pembina pendidikan di daerah.Dalam penyusunan pedoman ini Direktorat Pendidikan TK dan SD melibatkan instansi yang terkait dan relevan guna mendapatkan masukan terutama dalam hal mated serta menampung setiap permasalahan sesuai kondisi yang ada di sekolah. Pedoman ini hanya memuat pokok-pokok dalam pengelolaan sarana pendidikan di sekolah yang dalam penerapannya dapat disesuaikan dengan kondisi dan aturan yang ada di daerah maupun sekolah yang bersangkutan. Pada akhirnya kami mengharapkan buku ini dapat dimanfaatkan oleh sekolah sebagai acuan dalam pengelolaan sarana pendidikan serta pembina pendidikan di daerah dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pembelajaran.yl aR.371.6 4aManajemen dan organisasi sekolah 4aSekolah 4aSarana a005259