02577 2200205 4500001002100000005001500021035002000036008004100056245004000097110005400137260004900191300002200240084001700262520202800279082001102307650002202318650000902340990001102349990001102360INLIS00000000000527320220203094220 a0010-0721000532220203 0 ind 1 aMetodik Khusus Pembelajaran PPKN SD aDirektorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah as.n :bDepartemen Pendidikan Nasional,c2001 a36 hlm. ;c21 cm. a372.01 DIR m aMetodik Khusus Pembelajaran PPKn SD Peningkatan kualitas sumber daya manusia mempunyai posisi yang strategis bagi keberhasilan dan kelanjutan pembangunan nasional, Oleh sebab itu, upaya tersebut mutlak harus mendapat perhatian yang sungguh dan harus dirancang secara sistematik dan seksama berdasarkan pemikiran yang matang. Wadah yang tepat bagi upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia adalah pendidikan. Dengan demikian agar upaya tersebut berhasil maka pembangunan di bidang pendidikan harus ditangani secara serius, berkelanjutan, dan optimal. Sekolah Dasar (SD) merupakan salah satu bentuk satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar yang menyelenggarakan program pendidikan enam tahun. Keberadaannya dalam sistem persekolahan sangat penting, sebab melalui sekolah dasar seorang anak memperoleh berbagaikemampuandasar yang berguna bagi dirinya sebagai bekal untuk kemudian hari. Keberhasilan mengikutipendidikan di SD mempunyai pengaruh besar untuk meraih keberhasilan yang lebih tinggi. Oleh sebab itu mutu pendidikan di SD harus senantiasa ditingkatkan. Peningkatan mutu pendidikan harus berangkat dari peningkatan kualitas kinerja para guru. Peningkatan kualitas kinerja guru tersebut dapat dilakukan melalui berbagai usaha peningkatan kualitas kemampuan profesionalnya, akan tetapi mengingat terbatasnya dana,pembinaan profesional guru SD dilaksanakan melalui sistem gugus sekolah yang terdiri dari SD inti dan beberapa SD imbas. Pengembangan profesional guru melalui gugus sekolah ini berlaku pula bagi para guru SD di daerah terpencil. Akan tetapi karena lokasi SD di daerah terpencil sulit di jangkau alat transportasi danjarak antar SD terpencil berjauhan, maka sistem pengembangan profesional bagi guru SD terpencil berbeda dari yang berlaku bagi para guru di SD biasa. Agar para guru SD terpencil dapat meningkatkan kemampuanprofesional mereka, Direktorat, Taman Kanak-kanak dan Sekolah Dasar memandang perlu menerbitkan buku ini sebagai acuan yang akan bermanfaat bagi guru SD daerah terpencil. a372.01 4aMetode Pengajaran 4aPPKN a005302 a005225