Laporan Penelitian : Implementasi Kurikulum 2004 ( Kbk ) Penelitian Tindakan Kelas Tentang Implementasi Kurikulum 2004 text Metro Umm 2005 59 hlm. : ilus ; 30 cm. Implementasi Kurikulum 2004 (KBK) (Penelitian Tindakan Kelas Kurikulum 2004 (KBK) Dalam Proses Pembelajaran Kelas VIII di SMP Negeri 3 Metro Kota Metro LampungPembaharuan kurikulum merupakan suatu keharusan dalam suatu sistem pendidikan agar pendidikan tetap relevan dan tidak ketinggalan dengan perkembangan zaman. Namun perubahan kurikulum belum menjamin dapat meningkatkan mutu pendidikan, karena kuncinya bukan pada pembaharuan dan perubahan kurikulum tetapi bagaimana mengimplementasikan kurikulum secara sungguh dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) sehingga tidak dapat menemukan teori yang dapat dipakai menjadi dasar untuk mengembangkan suatu ilmu, tetapi lebih mengutamakan pada upaya perbaikan setelah mengetahui tentang implementasi pembaharuan kurikulum, dalam rangka meningkat kualitas dasar mutu pendidikan. Kesimpulan pada penelitian ini adalah (1) Guru sebagian besar belum mampu mengimplementasikan kurikulum dalam proses pembelajaran, (2) di sekolah belum tersedia sarana dan fasilitas yang memadai, (3) Kurang sosialisasi dari pemegang kebijakan, (4) Manajemen sekolah kurang mendukung. Dari kesimpulan dapat direkomendasikan, (1) Guru sebagai pengembang kurikulum harus meningkat pengetahuan dan penerapan baik lewat membaca atau pelatihan, (2) Kepala sekolah wajib menyediakan fasilitas dan media yang mendukung proses pembelajaran, (3) Dinas mengubah pola pembinaan dengan membentuk tim ahli. LPTK hanis menyiapkan calon guru yang handal yang mampu mengembangkan proses pembelajaran yang efekfif efisien dan menarik.iwn. Pendidikan - Kurikulum R.375.8182072 R.375.8182072 WIS l 221102 20221102022459 INLIS000000000005202 Converted from MARCXML to MODS version 3.5 using MARC21slim2MODS3-5.xsl (Revision 1.106 2014/12/19)