02587 2200253 4500001002100000005001500021035002000036008004100056245002200097100002000119260003400139300002200173020001800195084001700213520201200230082001102242650001402253650001102267990001102278990001102289990001102300990001102311990001102322INLIS00000000000047420220525103512 a0010-0621000074220525 g 0 ind 1 aKreatif Mengarang1 aWidyamartaya, A aYogyakarta :bKanisius,c1978 a53 hlm. ;c21 cm. a979-413-434-1 a808.02 WID k aKREATIF MENGARANG bertujuan untuk melengkapi pengajaran dan pendidikan siswa SLA dalam matapelajaran Bahasa Indonesia. Buku ini ingin menambah kepustakaan yang diperlukan untuk mengajar siswa mengarang. Dunia perbukuan dalam masyarakat kita telah mengenal buku-buku mengenai karang-mengarang, misalnya : Tehnik Mengarang (Mochtar Lubis), Tehnik Mengarang (Cipta Loka caraka), seni Mengarang (Aoh K.Fladimaja), ABC Karang-Mengarang (w.J.s. poerwadarminta), Bahasa Indonesia untuk Karang-Mengarang (w. J.s. poerwadarminta), Komposisi (Drs. Gorys Kera0, Tehnik Menulis Lakon (B. Sularto), Tehnik Mengarang sandiwara Radio dan Film (Lingga wisnu), Berita (M. won ohito), Tifa Penyair dan Daerahnya (H.B. Jassin), Belajar Berbahoasa (Drs. I. Sutardja). Tekanan buku-buku di atas bermacam-macam. Ada yang menekankan segi bahasa, pemakaian bahasa dalam karangan (karya-karya w..J.S. poerwadarminta). Ada yang lebih mengupas segi tehnik-tehnik mengarang, terutama pada penulisan fiksi (cerpen, novel, drama, dsb.). Ada yang lebih mengutamakan segi bentuk karangan. Ada yang menitikberatkan pada segi p e n d e k a t an, terutama pendekatan faktuil / ilmiah /logis .KREATIF MENGARANG ingin membahas dengan lebih sederhana segi mekanika (swakerja) mengarang itu sendiri (the Mechanics of Composition). Jadi maksud buku ini ialah memberikan sendi-sendi dasar mengarang pada umumnya secara sederhana, supaya sesuai untuk siswa SLA, sebagai kawan pembantu menuju kreativitas mengarang. Kiranya dengan bantuan buku ini sudah cukup siswa diharapkan dapat membuat karangan sederhana/pendek-pendek tetapi cukup berbobot baik dari segi urutan dan kejelasan pikirannya maupun dari segi isinya. Dengan pengalaman-pengalaman mengarang di sekolah, dengan keinginan menjadi pengarang yang baik dan komunikator ide yang jitu dan dengan dasar ketekunan dansemangat berkreasi selama hidup, mudah-mudahan siswa akhirnya menjadi penulis yang besar dan dapat menciptakan karya-karya yang besar baik secara kwalitatif maupun kwantitatif. a808.02 4aMengarang 4aTeknik a020099 a020098 a020100 a020101 a020102