04297 2200301 4500001002100000005001500021008004100036020001800077035002000095082001100115084001700126100002100143245002700164260003500191300001600226520362600242650001703868990001103885990001103896990001103907990001103918990001103929990001103940990001103951990001103962990001103973990001103984INLIS00000000000493920220210112008220210 g 0 ind  a979-518-052-5 a0010-0721000198 a320.01 a320.01 PIC p1 aPickles, Dorothy1 aPengantar Ilmu Politik aJakarta :bRineka Cipta,c1991 ahlm. ;ccm. aPENGANTAR ILMU POLITIKBuku ini ditulis dengan tiga tujuan. pertarna, ia berusaha mendorong pemikiran tentang masalah politik yang merupakan masalah yang tetap aktual dalam penyelidikan politik. Metode yang digunakan lebih berbentuk pengajuan rangkaian pertanyaan, bukannya bentuk memberikan jawaban. Jika temyata banyak dari generasi pelajar sekarang kurang berminat terhadap politik - atau barangkali merasa kecewa terhadapnya - dibanding dengan generasi paskal yang lalu, maka saya percaya bahwa sebagian besar hal ini disebabkan oleh kompleksitas dan kekeliruan yang terdapat dalam suasana politik kita sekarang. Keadaan ini memungkinkan orang untuk dapat mengemukakan jawaban-jawaban dengan mudah tanpa terlebih dahulu menanyakan masalah yang sesuai, atau cenderung menganggap bahwa tidak terdapat jawaban yang benar-benar berarti. Kesukaran untuk mendesak agar mengemukakan persoalan-persoalan mereka dan menghadapi masa depan yang kurang menyenangkan, karena berdasarkan kesimpulan yang diambil dari hiporesa yang kurang lengkap, sebagai satu pilihan yang bersifat dogmatis atau pelarian, yang sebenarnya dapat diatasi, sehingga para pelajar perlu menyadari dengan sebaik-baiknya latar masalah yang akan datang selalu jauh lebih kompleks, dan kalau kita belajar untuk menyesuaikan perbedaan terminoiogi, sistem ekonomi ataupun politik, maka kita dapat mengetahui dengan pasti bahwa ia mempunyai persamaan dengan masalah yang akan kita pahami. Dengan demikian kebanyakan masalah yang tidak mendukung itu akan berakhir. Melalui pendekatan ini, berhasil menarik minat pelajar dalam melihat permasalahan serta cara-cara yang digunakan oleh manusia di zaman lampau ataupun sistem-sistem yang digunakan oleh negara lain. Dengan demikian, dua tujuan dapat tercapai dalam satu dekade.Pelajar-pelajar akan mengemukakan semua permasalahannya dan mencoba untuk menjawabnya sendiri. Malah mereka berkeinginan untuk mengkaji dengan lebih teliti lagi semua pemahaman yang dipaparkan oleh para ahli yang telah meringkas dan mencatat semua pendapat mereka. Pengalaman para atrli politik dan ide-ide politik telah meyakinkan saya bahwa tidaklah berguna untuk selalu mendorong para pelajar yang kurang mendapat pendidikan akademik untuk berusaha memahami semua tulisan klasik, atau yang agak modern, mengenai semua permasalahan ini. Di samping latar belakang, gaya dan perbendaharaan kita, karya-karya tersebut begitu asing untuk dapat membuat mereka tertarik dan mampu mengikuti jalan pembahasannya. Namun, saya berusaha untuk menarik minat mereka terhadap persoalan yang berkaitan dengan pokok permasalahan itu, dengan membaca semua persoalan yang berkaitan dengan bidang tersebul Artinya mereka harus mengetahui dari mana mereka harus memulainya dan minimal mereka harus mengetahui apa yang hendak dicapai oleh tulisan-tulisan tersebut. Sekiranya kesimpulan ini tepat, maka merupakan hal yang penting bagi buku ini untuk menyediakan pengenalan mengenai buku-buku yang memiliki topik yang sama. Ini merupakan tujuan yang ketiga. Suatu panduan untuk referensi selanjutnya terdapat dalam lampiran. Referensi tersebut akan memudatrkan pelajar untuk meneruskan minatnya hingga selesai. Suatu kutipan yag sama jika tidak disebutkan dalam naskah ini ataupun disertai nama pengarang tanpa menyebutkan halaman referensinya, terdapat dalam sebuatr dari buku-buku penuntun yang dikelompokkan mengikuti daftar-daftar tertentu di dalam lampiran. Suatu kajian pengantar seharusnya tidak dimasukkan dalam catatan kaki. Sebaliknya, tidakperlu menimbulkan kemarahan jika hasil kutipan tidak begim menarik ataupun tanpa pemberian penjelasan.(libra) 4aIlmu Politik a012917 a012917 a012918 a012918 a012919 a012919 a012920 a012920 a012921 a012921