01868 2200289 4500001002100000005001500021035002000036008004100056245004500097100003000142260003900172300002300211020001800234084001400252520118800266082000801454650001501462650001401477990001001491990001101501990001101512990001101523990001101534990001101545990001101556990001101567INLIS00000000000491820220204015922 a0010-0721000177220204 g 0 ind 1 aPengembangan Kurikulum Teori Dan Praktek1 aSukmadinata, Nana Syaodih aBandung :bRemja Rosdakarya,c2004 a219 hlm. ;c23 cm. a979-514-601-7 a375 SUK p aPENGEMBANGAN KURIKULUM TEORI DAN PRAKTEKKurikulum memegang kedudukan kunci dalam pendidikan, sebab berkaitan dengan penentuan arah, isi dan proses pendidikan, yang pada akhirnya menentukan macam dan kualifikasi lulusan suatu lembaga pendidikan. Kurikulum menyangkut rencana dan pelaksanaan pendidikan baik dalam lingkup kelas, sekolah, daerah, wilayah maupun nasional. Semua orang berkepentingan dengan kurikulum, sebab kita sebagai orang tua, sebagai warga masyarakat, sebagai pemimpin formal ataupun informal selalu mengharapkan tumbuh dan berkembangnya anak, pemuda, dan generasi muda yang lebih baik, lebih cerdas, lebih berkemampuan. Kurikulum mempunyai andil yang cukup besar dalam melahirkan harapan tersebut. Buku ini disusun dengan tujuan membantu para guru, dosen, instruktur, widyaiswara, para pengembang, pengelola, penentu kebijaksanaan, dan siapa saja yang terlibat dan berminat dalam pengembangan kurikulum untuk menambah wawasan tentang apa, mengapa, dan bagaimana pengembangan kurikulum. Meskipun dalam buku ini diusahakan menyajikan materi yang bervariasi dengan cara penyajian yang moderat, tetapi mungkin saja sajian ini belum bisa memenuhi kebutuhan semua pihak. a375 4aPendidikan 4aKurikulum a03262 a044581 a044582 a012615 a012616 a012617 a012618 a012619