na INLIS000000000004603 20220621093945 0010-0621004203 220621 g 0 ind Melatih Anak Berfikir Analitis, Kritis Dan Kreatif Harsanto, Radna Jakarta : Grasindo, 2005 122 hlm. ; 22 cm. 979-732-857-0 155.04 HAR m MELATIH ANAK BERPIKIR ANALISTIS, KRITIS, DAN KREATIF Setiap anak dianugerahi bakat dan kemampuan. Ada anak yang menonjol dalam bidang matematika, ada yang berbakat dalam berolah raga, ada yang berbakat dalam berbicara di depan umum, membuat puisi dan lain sebagainya. Orang tua, sekolah dan masyarakat seharusnya menjadi tempat yang nyaman dan kondusif bagi anak-anak untuk mengembangkan kemampuan dan kecerdasan mereka. Marzano (1988) dalam bukunya Core Thinking Processes From Dimensions of Thinking, mengemukakan bahwa berpikir analitis, kritis dan kreatif bisa dilatihkan. Anak-anak seharusnya sejak usia dini dibiasakan untuk bertanya MENGAPA dan mencoba mencari jawaban-jawaban analitis, kritis dan kreatif. Kebiasaan bertanya mengapa akan membawa mereka pada kebiasaan-kebiasaan MENGAMATI, MEMBUAT KATEGORISASI, MENGIDENTIFIKASI, MEMBANDINGKAN, MENGURITKAN, MEMBUAT GENERALISASI, MENGANALISIS, MEMPERTIMBANGKAN, dsb Kebiasaan-kebiasaan ini adalah sarana efektif dan jalan menuju kemampuan berpikir analitis, krifis dan kreatif. Buku ini mencoba memberi gambaran tentang bagaimana anak dilatih untuk menyimpan setiap informasi secara sistimatis sehingga ketika informasi itu dibutuhkan dapat lebih di dapat. Anak melalui latihan-latihan ini, di harapka, mampu mencapai tahap berpikir yang lebih maju. Mereka dibawa ke arah taraf berpikir tentang taraf berpikir tentang mengapa dan bagaimana. Penulis berkeyakinan bahwa apabila dilatih dengan akan mampu berpikir analitis, kritis dan kreatif dengan lebih maksimal asal mendapatkan pendampingan dan tuntunan yang benar. Mereka telah memiliki muaranya sendiri-sendiri. Para pendidik melalui buku ini dapat menggosok mutiara itu sehingga menjadi lebih cemerlang dan bercahaya.(libra) 155.04 Psikologi Perkembangan Anak 018252 018253 018254 018255 018256