02679 2200241 4500001002100000005001500021035002000036008004100056245004100097100002400138250000700162260004000169300002300209020001800232520208600250082001102336650001502347600002502362084001702387990001102404990001102415990001102426INLIS00000000000041920230104022915 a0010-0621000019230104 g 0 ind 1 aIlmu Pendidikan Teoritis Dan Praktis1 aPurwanto, M. Ngalim aII aBandung :bRemaja Rosdakarya,c2004 a197 hlm. ;c24 cm. a979-514-384-0 aDi lembaga-lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) seperti Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan IKIP, ilmu pendidikan atau pedagogik merupakan mata pelajaran atau mata kuliah poko.k yangmemberikan dasar profesionalitas bagi para lulusannya. Namun, dalam perkembangan LPTK sekarang ini masalah pendidikan terlihat agak di kebelakangkan dan lebih ditonjolkan masalah pengajaran (instruction).Memang, penulis sendiri menyadari bahwa antara pendidikan dan pengajaran itu tidak dapat ditarik garis batas yang tegas pengajaran merupakan alat yang harus dipergunakan dalam setiap usaha mendidik anak. Dengan hanya memberikan bermacam-macam keterampilan tanpa disertai pemberian makna hakikat dan tujuan pendidikan itu sendiri akan terjadi ketimpangan. Kita cenderung hanya memberikan siswa dengan kemampuan tekniS yang kurang formatif sehingga kemampuan teknis yang kurang utuh sebagai pendidik menjadi berkurang karenanya. Tentunya di. antara kita tidak ada yang akan menyetujui pendapat yang mengatakan "Siapa yang pandai mengajarkan suatu pengetahuan/pelajaran kepada anak atau orang lain dengan baik, itulah pendidik ". Di dalam kalimat tersebut tersirat adinya kekuLngan yang -urih harus kita cari.Buku ini sengaja disusun sebagai sumbangsih untuk turut serta berusaha mengisi kekurangan tersebut dengan jalan menggali kembali apa yang sebenarnya sudah pernah diusahakan orang untuk mencapainya,namun kini terasa mulai terlupakan.Mudah-mudahan buku ini ada manfaatnya, terutamabagi para mahasiswa IKIP yang sedang mengikuti mata kuliah dasar kependidikan (MKDK), sebagai bahan bacaan pelengkap di samping buku-buku lain yang dianjurkan. Bagi para guru SD dan sekolah-sekolah lanjutan, kiranya buku ini pun dapat pula dijadikan bahan untuk mengingatkan kembali dalam profesinya sebagai pendidik dan bukan hanya pengajar. Mengingat akan isinya, terutama mengenai Bab VI sampai dengan BabXIV, tidak berlebihan kiranya jika penulis katakan bahwa buku ini pun sangat berguna untuk dibaca oleh orang tua yang ingin berusaha mendidikanak-anak nya di rumah dengan sebaik - baiknya. a370.07 4aPendidikan 4aStudi Dan Pengajaran a370.07 PUR i a012567 a012568 a012569