01428 2200229 4500001002100000005001500021035002000036008004100056245008800097100001800185260004500203300002300248084001700271520082300288082001101111650002101122990001101143990001101154990001101165990001101176990001101187INLIS00000000000426720220719101734 a0010-0621003867220719 g 0 ind 1 aOtonomi Bahasa :bTujuh Strategi Tulis Pragmatik Bagi Praktisi Bisnis Dan Mahasiswa1 aWibowo, Wahyu aJakarta :bGramedia Pustaka Utama,c2001 a190 hlm. ;c21 cm. a800.02 WIB o aOTONOMI BAHASA Dewasa ini ,ruang dan wacana publik kita terasa makin ditelikung oleh efek jurnalisme yang membuat hidup kita sehari-hari amat tergantung pada informasi. Efek jurnalisme itu tak pelak juga menyentuh dunia bisnis dan kalangan perguruan tinggi. Menyusun proposal dan notula rapat,menulis skripsi,tesis atau artikel opini, misalnya. Dampaknya sangat jelasukuran profesional-tidaknya seorang pebisnis atau akademisi dilankan pada cakap-tidaknya ia meramu kata-kata ke dalam tulisan. Dengan kata lain , efek ini,disdari atau tidak , beriringan dengan keterampilan berbahasa. Persoalannya adalah apakah kita mengenal bahasa kita dengan baik sekaligus mampu menggunakannya secara benar ? Buku ini memaparkan kiat berkomunikasi secara pragmatik melalui tujuh langkah strategik, terutama dalam hal tulis menulis. a800.02 4aTeknik Editorial a014084 a014081 a014082 a014083 a014085