Community Relations Konsep Dan Aplikasinya Iriantara, Yosal text Yogyakarta Simbiosa Rekatama Media 2007 ind 44 hlm. ; 21 cm. Community Relation : Konsep dan Aplikasinya Hubungan dialektis antara organlsasi bisnis dan komunitas banyak mengubah praktik bisnis yang dijalankan berbagai perusahaan. Satu diantaranya, perubahan praktik community relations yang dijalankan organisasi bisnis. Community relationstak lagi dijalankan untuk kepentingan organisasi bisnis belaka, seperti untuk mendapatkan laba dan meminimalkan risiko gangguan dari komunitas, melainkan organisasi bisnis diajak untuk terlibat langsung menangani permasalahan yang muncul pada komunitas. Perubahan tersebut kemudian semakin menemukan bentuknya, tatkala konsep tanggung jawab sosial korporat diimplementasikan. 0rganisasi bisnis tak lagi memandang dirinya sebagai institusi ekonomi belakamelainkan juga merupakan institusi sosial. Karena itu, organisasi bisnis pun mulai bersentuhan dengan persoalan-persoalan yang secara langsung tak ada kaitannya dengan kegiatan bisnis seperti soal lingkungan hidup, pengembangan masyarakat dan penghormatan terhadap hak-hak asasi. Konsep tanggung jawab sosial korporat sendiri melahirkan tintangan bagi para praktisi public relations ditanah air. Melalui konsep ini, citra atau reputasi organisasi harus diikhtiarkan agar tetap terjaga. Namun di samping itu, melalui kegiatan community reldtions,organisasi bisnis dituntut untuk memainkan peran mengatasi permasalahan sosial yang dialami satu komunitas. Tak mengherankan bila kini banyak-organisasi bisnis yang terlibat dalam penyelenggaraan kegiatan pengembangan masyarakat atau mendorong tumbuhnya semangat kewirausahaan di kalangan komunitas tempat organisasi tersebut berada. Buku ini membahas tentang cara menjalin hubungan dengan komunitas dikaitkan dengan pelaksanaan konsep tanggung jawab sosial korporat. Pembahasannya tentu saja tidak lepas dari konteks public relations. Selain itu dibahas pula aspek-aspek manajemen community relations yang disertai beberapa contoh praktis. Karena itu, buku ini bukan saja penting bagi mahasiswa yang mempelajari public relations, para praktisi public relations, konsultan public relations, pejabat public-relations,tetapi juga Anda para staf perusahaan yang berhubungan dengan masyarakat sekitarnya. Hubungan Masyarakat 659.02 659.02 RUK c 979-497-294-0 220309 20220309113705 INLIS000000000000365 Converted from MARCXML to MODS version 3.5 using MARC21slim2MODS3-5.xsl (Revision 1.106 2014/12/19)