03903 2200241 4500001002100000005001500021035002000036008004100056245005700097100001900154260003400173300002300207020001800230084001700248520331300265082001103578650001703589990001103606990001103617990001103628990001103639990001103650INLIS00000000000390420220316090924 a0010-0621003504220316 g 0 ind 1 aReference Work Dan Bibliografi Dengan Sistem Modular1 aTrimo, Soejono aJakarta :bBumi Aksara,c1997 a161 hlm. ;c21 cm. a979-526-136-6 a025.17 TRI r aBUKU PANDUAN UNTUK MATA KULIAH REFERENCE WORK BIBLIOGRAFY DENGAN SISTEM MODULAR Tujuan Buku Panduan untuk pengajaran "Reference Work Bibliography " secara modular ini adalah untuk membantu para dosen, asisten dan mahasiswa dalam proses belajar-mengajar mereka agar dapat dengan lebih mudah memahami hakikat pelayanan referensi dan bibliografi dalam setiap perpustakaan serta dapat meningkatkan keterampilan penelusuran informasi secara praktis dari para mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan. Buku ini hanyalah merupakan salah satu sarana pembantu pengajaran sajadi samping tersedianya begitu banyak buku-teks tentang reference services yang tertulis dalam bahasa asing.Untuk mempermudah proses pengajarannya, buku modular ini terbagi dalam 8 (delapan) buah modul dan setiap modul dilengkapi dengan sarana evaluasi: pr.qses belajar itu, yakni, dengan tersedianya semacam check Tists,dap son7 yang harus kerjakan oleh para mahasiswa. Ia dzrdrtcang untuk perlCUliQlui2Mua) semester dalam mana setiap dosen seyogianya mampu mengatur penjadwalan satuan pelajarannya misalnya: (a) Semester pertama: Modul No. 1 s/d Modul No. 4, dan ~ (b) Semester kedua: Modul No. 5 s/d Xodul No. 8. Modul-modul ini telah diujic obakan pada perkuliahan perkuliahan di Jurusan Ilmu Perpustukaan di Fakultas,Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran dan~ UniversitUS`Islam: -Nusantara selama tiga tahun dengan hasil yarlk amat menggembirakan. Proses belajar lebih cepat dan materi dapat diselesaikan tepat: pada waktunya. Kecuali itu, dengan adanya modul ini maka hambatan-hambatan dalam mempelajarinya melalui buku-buku teks asing dapat teratasi! Sudah tentu, dalam mempergunakan modul ini masih banyak menuntut pemikiran yang kritis dari para dosen dan asisten serta memerlukan kreativitas yang tinggi di pihak mereka agar para mahasiswa benar-benar memperoleh insight yang bermutu tinggi. Memang, secara berulangkali ditekankan dalarn modul itu, bahwa tujuan akhir dari proses pembelajarartnya adalah tumbuhnya (1) a sense of media dan(2) a sense of direction dalam proses penelusuran informasi dalam din para mahasiswa atau calon-calon pustakawan profesional kita!). Kedua jenis rasa inilah yang harus dipegang teguh oleh para dosen, asisten, atau instruktur dalam setiap pengajaran Reference Work Bibliography. Modul-modul ini pun dapat dipergunakan untuk programprogram DI s/d D3, bahkan untuk program-program khusus seperti misalnya kursus-kursus atau penataran-penataran tenaga pustakawan yang singkat itu. Sudah tentu perlu beberapa penyesuaian ataupun pemilahan atas materi-materi yang perlu disajikan. Terutama Modul No. 1 amat bermanfaat bagi program-program jangka pendek! Mengapa? Karena dalam program-program jangka pendek itu yang terpenting - tujuan instruksionalnya - adalah membangkitkan a sense of media di kalangan para partisipannya. Dengan segala kerendahan hati kami harus mengakui bahwa sistem modulseperti ini perludiuji-coba lehih lanjut dan dievaluasi secara lebih cermat lagi. Ide dan saran-saran dari para dosen, asisten, maupun instruktur akan amat membantu dalam hal irai demi khazanah ilmu perpustakaan di tanah air kita. Penulis akan amat berterima kasih atas ide-ide dan saran-saran tersebut yang dapat lebih menyempurnakan modul-modul ini. dan semoga buku ini dapat bermanfaat bagi kita semua. ( ID ) a025.17 4aPerpustakaan a024730 a024728 a024729 a024731 a024732