na INLIS000000000000328 20211111120130 0010-0521000328 211111 0 ind Menuju Paradigma Baru Penelitian Komunikasi Agustrijanto Bandung : Remaja Rosdakarya, 2002 262 hlm. ; 18 cm. 979-692-048-4 051.3 AGU m MENUJU PARADIGMA BARU, PENELITIAN KOMUNIKASI Kalau sekarang banyak orang berbicara tentang kematian ilmu ekonomi , karena kegagalan ilmu-ilmu ini memberikan penjelasan yang memuaskan terhadap pelbagai peristiwa ekonomi dan politik mutakhir yang demikian kompleks. Tidakkah kita juga tengah menyaksikan semacam sinyal matinya ilmu komunikasi ? Sebagai bagian dari ilmu sosial yang tergolong muda, ilmu komunikasi merupakan bagian dari konstruksi politik ilmu pengetahuan yang menjadi bagian politik kekuasaan Orde Baru, selama tiga dasa warsa telah mengasuh para ilmuwan sosial dalam bingkai paradigma developmentalisme. Dalam situasi sekarang, penelitian ilmiah di bidang komunikasi sulit berkembang di Indonesia. Hasil penelitian komunikasi dianggap belum laku dijual (marketable). Di samping itu, hasil penelitian kurang mampu memberikan manfaat dalam pemahaman apalagi eksplanasi dan prediksi masalah-masalah komunikasi yang mendasar: Hasil penelitian hanya tersimpan dalam arsip dan tidak mendorong pemikiran lebih lanjut, tidak tersaji dalam jurnal sebagai bahan wacana di kalangan para ahli, praktisi, maupun para peminai. Mengapa hal ini terjadi ? Apa masalah yang sebenarnya dalam pengembangan penelitian ilmu komunikasi di Indonesia? Apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalahnya? Dalam edisi kali ini disuguhkan tinjauan sederhana tentang permasalahan penelitian komunikasi dengan harapan dapat membuka wawasan ke pengembangan di masa depan.(libra) 051.3 Jurnal Komunikasi 012087 012086 012088 012089 012090