01715 2200253 4500001002100000005001500021035002000036008004100056245003800097100002300135250000700158260003000165300002300195084001700218520111700235082001101352650001401363650002901377990001101406990001101417990001101428990001101439990001101450INLIS00000000000358120211217022231 a0010-0621003181211217 g 0 ind 1 aPengembangan Alat Ukur Psikologis1 aSuryabrata, Sumadi aII aYogyakarta :bAndi,c2004 a215 hlm. ;c23 cm. a153.04 SUR p aPengembangan Alat Ukur Psikologis Pendekatan Kuantitatif dalam penelitian ilmu-ilmu sosial banyak digunakan karena hasilnya lebih menjamin mutu akademiknya. Namun demikian pendekatan ini menuntut kehati-hatian yang tinggi dalam proses kuantifikasinya karena sekali data berubah menjadi data itu benar-benar telah mencerminkan keadaan yang melacak kembali apakah data itu benar-benar telah mencerminkan keadaan yang sebenarnya. Untuk itu, instrumen pengambilan data yang dapat dipertanggungjawabkan mutlak diperlukan. Sumber studi dalam bahasa Indonesia yang membahas hal-hal yang berkenaan dengan soal-soal kuantifikasi masih sangat jarang. Buku ini mencoba untuk mengisi kekosongan tersebut dan diharapkan dapat menjadi sumber studi mata kuliah yang berkenaan dengan instrumen pengambil data penelitian dalam bidang-bidang ilmu sosial. Untuk bidang psikologi, buku ini dapat menjadi buku teks dalam mata kuliah Psikometri dan Konstruksi Tes, yang keduanya merupakan mata kuliah wajib untuk jenjang S1 dan Penyusunan dan Pengembangan Alat Ukur Psikologis, yang merupakan mata kuliah wajib untuk jenjang S2. by:of a153.04 4aPsikologi 4aPerkembangan Intelegensi a023576 a023577 a023578 a023579 a023580