04202 2200253 4500001002100000005001500021035002000036008004100056245002400097100002300121260003400144300002300178020001800201084001800219520360700237082001203844650001403856600002303870990001103893990001103904990001103915990001103926990001103937INLIS00000000000323820211115101418 a0010-0621002838211115 g 0 ind 1 aManajemen Stratejik3 aSiagian, Sondang P aJakarta :bBumi Aksara,c2004 a276 hlm. ;c23 cm. a979-526-271-8 a658.401 SIA m aMANAJEMEN STRATEJIK Bagi seorang teoretisi yang menekuni pemahaman teori manajemen dan penerapanya dalam praktek, mencermati perkembangan manajemen terutama manajemen bisnis, bukan hanya sangat menarik dan mengasyikkan akan tetapi juga menantang. Sangat menarik karena perkembangan yang terjadi berlangsung dengan sangat cepat, mencakup segala segi kehidupan organisasional serta bersifat lokal, regional dan bahkan global. Sangat mengasyikkan karena perkembangan yang terjadi itu mempunyai ramifikasi dan implikasi yang sangat luas serta berdampak kuat pada cara para manajer menyelenggarakan berbagai tugas dan fungsinya. Perkembangan tersebut dikatakan menantang karena teoretisi yang bersangkutan harus segera mampu mengkaitkan perkembangan yang terjadi itu telah diketahuinya tentang manajemen. Dengan demikian bidang ilmu yang ditekuninya mempunyai relevansi dengan berbagai praktek manajemen dalam dunia kenyataan .Disamping itu, teoretisi yang bersangkutan mau tidak mau harus memutakhirkan pengetahuannya sedemikiem rupa sehingga ia tetap mampu memberikan sumbangsih yang konstruktil tidak hanya pada perkembangan ilmu pengetahuan, akan tetapi juga terhadap penerapannya oleh para praktisi yang dapat dipastikan ingin menerapkan teori manajemen mutakhir dalam menjalankan roda organisasi yang dipimpinnya. Persepsi demikianlah yang mempengaruhi cara berpikir penulis dalam mengambil keputusan menulis buku ini. Globalisasi ekonomi, lahirnya World Trade Organization sebagai pengganti GATI, terbukanya pasaran baru karena beralihnya orientasi para pengambil keputusan politik ekonomi di negara-negara yang tadinya menganut paham perencanaan ekonomi secara terpusa di negara-negara bekas Uni. Soviet dan negara-negara di Eropa Timur menjadisistem ekonomi berdasarkan mekanisme perkembangan dibidang teknologi informasi dengan berbagai terobosan yang mengikutinya seperti Internet. Jalan Raya Informasi tumbuhnya minat besar di kalangan para negarawan dan tokoh-tokoh industri di berbagai kawasan dunia mewujudkan kerja sama di bidang ekonomi, industri dan perdagangan seperti AFTA, MASYARAKAT EKONOMI EROPA, NAFTA dan lain sebagainya-telah mengubah secara mendasar teknik dan gaya menyelenggarakan berbagai kegiatan bisnis di semua negara di dunia. Dengan perkataan lain, di masing-masing negara secara lokal timbul berbagai paradigma baru dalan manajemen bisnis, baik untuk kepentingan domestik maupun untuk kepentingan internasional. Berbagar paradigma baru dimaksud menyentuh semua faktor-faktor organisasional, seperti: (1) gaya manajerial yang dituntut semakin berorientasi pada pengakuan dan penghargaan harkat dan martabat manusia dalam hal ini para karyawan- (2) proses pengambilan keputusan yang semakin didasarkan pada pendekatan desentralisasi (3) proses produksi yang tidak hanya harus semakin efisien, akan tetapi juga memperhitungkan pentingnya orientasi hijau dalam arti tidak merusak lingkungan atau paling sedikit mengurangi berbagai limbah industri sehingga tidak semakin mengotori udara serta terpenuhinya berbagai standar nasional dan internasional -seperti ISO 9000- (4) persaingan yang semakin tajam, (5) makin pentingnya pengelolaan organisasi dengan berpegang teguh pada norma-norma moral dan etika, (6) makin pentingnya orientasi pada para pengusaha produk yang dihasilkan, serta (7) keharusan bagi kelompok manajemen untuk memuaskan berbagai pihak yang berkepentingan. Salah satu ramifikasi mendasar dari berbagai paradigma baru tersebut ialah makin pentingnya penguasaan berbagai teori manajemen stratejik dan menerapkan secara tepat dalam mengelola organisasi.(libra) a658.401 4aManajemen 4aStrategi Manajemen a025402 a025398 a025399 a025400 a025401