na INLIS000000000003220 20220810010644 0010-0621002820 220810 g 0 ind Reformasi Perumahsakitan Indonesia Soejitno, Soedarmono Revisi Jakarta : Grasindo,, 2002 288 hlm. ; 22,5 cm. 979-695-709-4 362.11 SOE r REFORMASI PERUMAHSAKITAN INDONESIAPraktik yang terjadi di beberapa rumah sakit mengesankan, rumah sakit-rumah sakit lebih mengutamakan aspek komersial dibanding aspek sosial. Tentu saja, itu kesan umum yang belum tentu benar. Masih banyak rumah sakit yang tetap berpegang teguh pada idealisme murni tetap berorientasi pada manusia sebagai tujuan akhir pelayanan kesehatan. Jika terjadi malapraktik dalam pelayanan kesehatan, dan masih ada rumah sakit yang berorientasi komersial, itu bukanlah rumah sakit yang ideal. Yang ideal, rumah sakit berorientasi pada manusia sebagai tujuan akhir pelayanan kesehatan. Tidak mudah idealisme itu dinyatakan dalam perbuatan nyata. Untuk itu, diperlukan perubahan secara drastis perbaikan pelayanan sosial kesehatan masyarakat oleh seluruh jajaran pelayanan kesehatan. Reformasi Perumahsakitan Indonesia dapat menjadi acuan bagaimana melakukan reformasi rumah sakit. Jika saja "tawaran " ini dilaksanakan, niscaya rumah sakit dapat berfungsi dan mengemban misi sebagai pelayanan kesehatan masyarakat tanpa pandang bulu. 362.11 Rumah Sakit 036242 036238 036239 036240 036241