Sejarah Pendidikan Indonesia Nasution, S Nasution, S text Jakarta Bumi Aksara 2001 ind 50 hlm. ; 23 cm. SEJARAH PENDIDIKAN INDONESIA Buku ini terutama menyoroti suatu periode tertentu dalam sejarah pendidikan indonesia, yakni periode 1892 sampai 1920. menurut pendapat kami, masa inilah yang paling menarik dalam sejarah perkembangan pendidikan Indonesia, oleh sebab dalam periode inilah kita lihat terbentuknya suatu sistem pendidikan yang lengkap di Indonesia yang memungkinkan anak Indonesia belajar dari tingkat sekolah yang paling rendah sampai menyelesaikannya pada tingkat pendidikan yang paling tinggi di bumi Indonesia sendiri, walupun melalui medium yang bukan bahasa sendiri. jalan dari sekolah rendah ke perguruan tinggi masih sangat sulit dan sempit, khususnya bagi anak Indonesia, namun jalannya telah ada, sistem pendidikannya telah lengkap. dari berbagai jenis sekolah yang lepas-lepas, yang pada mulanya sama sekali tidak ada hubungannya, akhirnya tanpa direncanakan semula, lahir suatu sistem pendidikan yang mempunyai unsur-unsur yang bertalian secara organis, sehingga secara teoritis (sekalipun mengandung unsur propagandistis) setiap anak desa di pelosok yang terpencil pada hakekatnya dapat memasuki pendidian universitas. setelah sekolah swasta berkembang dengan pesatnya maka pemerintah Belanda tidak mampu lagi mengendalikan perkembangan pendidikan selanjutnya dan juga kehilangan kekuasaan untuk menentukan tujuan pendidikan. pendidikan yang mereka berikan akhhirnya menjadi senjata untuk melenyapkan kolonialisme mereka dari bumi Indonesia kita ini. Pendidikan Indonesia 370.09 370.09 RED s 979-526-227-0 220809 20220809021734 INLIS000000000000275 Converted from MARCXML to MODS version 3.5 using MARC21slim2MODS3-5.xsl (Revision 1.106 2014/12/19)