02046 2200241 4500001002100000005001500021035002000036008004100056245003300097110001600130260003400146300002200180084001700202520147800219082001101697650001501708650001401723100001601737020001801753990001101771990001101782990001101793INLIS00000000000027520220809021734 a0010-0521000275220809 g 0 ind 1 aSejarah Pendidikan Indonesia aNasution, S aJakarta :bBumi Aksara,c2001 a50 hlm. ;c23 cm. a370.09 RED s aSEJARAH PENDIDIKAN INDONESIA Buku ini terutama menyoroti suatu periode tertentu dalam sejarah pendidikan indonesia, yakni periode 1892 sampai 1920. menurut pendapat kami, masa inilah yang paling menarik dalam sejarah perkembangan pendidikan Indonesia, oleh sebab dalam periode inilah kita lihat terbentuknya suatu sistem pendidikan yang lengkap di Indonesia yang memungkinkan anak Indonesia belajar dari tingkat sekolah yang paling rendah sampai menyelesaikannya pada tingkat pendidikan yang paling tinggi di bumi Indonesia sendiri, walupun melalui medium yang bukan bahasa sendiri. jalan dari sekolah rendah ke perguruan tinggi masih sangat sulit dan sempit, khususnya bagi anak Indonesia, namun jalannya telah ada, sistem pendidikannya telah lengkap. dari berbagai jenis sekolah yang lepas-lepas, yang pada mulanya sama sekali tidak ada hubungannya, akhirnya tanpa direncanakan semula, lahir suatu sistem pendidikan yang mempunyai unsur-unsur yang bertalian secara organis, sehingga secara teoritis (sekalipun mengandung unsur propagandistis) setiap anak desa di pelosok yang terpencil pada hakekatnya dapat memasuki pendidian universitas. setelah sekolah swasta berkembang dengan pesatnya maka pemerintah Belanda tidak mampu lagi mengendalikan perkembangan pendidikan selanjutnya dan juga kehilangan kekuasaan untuk menentukan tujuan pendidikan. pendidikan yang mereka berikan akhhirnya menjadi senjata untuk melenyapkan kolonialisme mereka dari bumi Indonesia kita ini. a370.09 aPendidikan aIndonesia1 aNasution, S a979-526-227-0 a012695 a012696 a012697