03477 2200241 4500001002100000005001500021035002000036008004100056245003700097260004000134300002300174020001800197084001700215082001100232650002500243100001900268520289300287990001103180990001103191990001103202990001103213990001103224INLIS00000000000280820220322023918 a0010-0621002408220322 g 0 ind 1 aManajemen Pengembangan Kurikulum aBandung :bRemaja Rosdakarya,c2007 a325 hlm. ;c24 cm. a979-692-518-4 a371.02 HAM m a371.02 4aManajemen Pendidikan1 aHamalik, Oeman aMANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUMstudi tentang kurikulum semakin lama semakin berkembang. Hal ini terbukti makin luasnya para peminat dalam bidang tersebut dan makin banyaknya penelitian dan penurisan karya ilmiah untuk menjajaki dan mengungkapkan berbagai sistem instruksional. Salah satu alasan yang mendorong banyaknya pakar pendidikan, karena kurikulurn merupakan alat yang amat penting untuk meningkatkan keberhasilan sistem pendidikan secara menyeluruh. Semua ahli kependidikan menyadari, bahwa tanpa erat yang serasi dan tepat guna ternyata sulit untuk mencapai tujuan-tujuan pendidikan pada semua jenjang dan satuan serta jenis pendidikan. Dalam konteks ini pula, peran dan fungsi manajemen kurikulum mendapat tempat sebagaimana mestinya, bahkan menjadi fokus yang perlu dipelajari lebih tekun. Para pakar ilmu pendidikan dan tenaga profesional kependidikan dituntut agar mempelajari bidang ini sebagai bagian khas dalam perangkat kemampuan profesional, disamping kemampuan masyarakat dan kemampuan kepribadianyang menunjang keterlaksanaan tugas-tugas mereka di lapangan. Bidang manajemen kurikulum pada hakikatnya mempersyaratkan kemampuan, yakni: pemahaman tentang konsep-konsep dalam manajemen pengembangan kurikulum proses manajemen pengembangan krikumum tuntunan kurikulum pemantauan dan peniiaian kurikulum perbaikan kurikulum dan ketenagaan dalam manajemen kurikulum. Pekerjaan sebagai manager pengembangan kurikulum (pimpinan lembaga) meminta kualifikasi tertentu dalam bidangmanajemen pengembangan kurikulum yang mendalam terhadap dalam bidang pengembangan kurikulum dan ieknologi pendidikan. Tulisan ini membahas secara garis besar, beberapa aspek yang berada dalam lingkup permasaiahan yang perlu ditelaah dan dibahas. Karena itu para peminat bidang ini perlu melakukan studi pendalaman terhadap bahan-bahan yang relevan. Tanggung jawab sebagai ilmuwan dan ekspert dalam bidang ini menuntun agar kita berusaha keras mengembangkan sistem manajemen kurikulum sesuai dengan permintaan d,an .tuntutan sistem pendidikan nasional, kemajuan ilmu dan teknologi. Berbagai pendekatan perlu dikembangkan, dan berbagai suhu perlu dilakukan supaya ilmu kurikulum lebih mampu melaksanakan peranannya dalam sistem pendidikan nasional sadar akan kelemahan yang mungkin terjadi dalam tulisan ini maka kesediaan menerima kritik dan saran selalu terbuka Kepada semua pihak yang telah sudi berpartisipasi dalam melakukan penelaahun yung bertanggung jawab dalam bidang manajemen kurukulum (rekan-rekan sejawat, para guru besar Pengembangan Kurikulum, dan mahasiswa 52, 53 Pengembangan Kurikulum) saya sampaikan banyak terima kasih. Partisipasi yang telah diberikanmenunjukkan minatnya yang mendalam, dan langsung ataupun tidak langsung telah memberi.sumbangan bagi kurikulum, khususnya dalam aspek-aspek manajemen pengembangan kurikulum. dan semoga buku ini dapat bermanfaat bagi kita semua. a036705 a036701 a036702 a036703 a036704